Mengunjungi Taipei Cycle Show 2018 (2)
Sederhana tapi Safety: Spion di Lensa Kacamata
by - November 02, 2018

Ada banyak produk baru, ada banyak produk memukau, ada banyak produk yang saking anehnya bikin kita geleng-geleng kepala. Itulah Taipei Cycle Show 2018, yang berlangsung 31 Oktober hingga 3 November.

Di seri kedua ini, Mainsepeda.com kembali membahas beberapa produk yang berhasil meraih penghargaan desain dan inovasi. Dan kadang, tidak perlu barang mewah atau rumit untuk memberi kontribusi di industri sepeda dunia!

KACAMATA: TriEye

Produk dari Kuo & Yang Industrial Co. Ltd. ini sangat sederhana tapi mampu memukau tim juri Taipei Cycle. Yaitu sebuah kacamata bersepeda yang dilengkapi integrated mirror (kaca spion), yang menempel di pojok bawah lensa kiri.

Dengan kacamata ini, kita tetap bisa fokus ke depan sambil mengawasi situasi di belakang. Tidak harus menoleh atau menggerakkan kepala berlebihan! Sederhana, tapi bisa menyelamatkan nyawa atau mengurangi risiko kecelakaan!

PEDAL: Wellgo Thrust Arrow

Tidak semua badan orang sama. Tidak semua kaki orang sama. Tidak semua orang bisa memakai barang yang sama. Termasuk pedal sepeda. Dengan Thrust Arrow, Wellgo ingin meminimalisir lagi risiko cedera saat gowes. Sebab, pedal ini bisa disesuaikan lebar Q-Factor-nya, memastikan nyaman dan presisi untuk semua orang.

Q-Factor adalah jarak kaki secara horisontal, melebar dari tengah sepeda. Ada orang yang butuh jarak lebar ke samping, tapi kemudian cedera karena dipaksa memakai pedal standar. Selama ini, beberapa produsen menawarkan pilihan panjang pedal untuk mengatasinya. Tapi opsinya minim. Wellgo sekarang punya solusinya.

STEM: Satori Glider II

Kenyamanan terus menjadi faktor yang diburu pesepeda maupun produsen. Satori menawarkan stem yang bisa mengurangi guncangan di depan. Mereka bukan satu-satunya punya konsep ini, tapi inilah yang mendapat penghargaan di Taipei.

Terbuat dari aluminium, stem dari Satori bisa meredam guncangan lewat kombinasi bearing dan elastomer (karet peredam). Karena tiap orang punya kebutuhan beda dan bobot berbeda, ada beberapa opsi elastomer, menyesuaikan dengan kebutuhan yang berbeda itu.

ROAD BIKE: Liv Langma Advanced SL

Untuk kategori road bike, penghargaan diberikan kepada Liv, merek sepeda perempuan buatan raksasa Taiwan, Giant. Tim juri merasa sepeda ini benar-benar satu sepeda untuk semua, menawarkan performa serbabisa (allround). Jagoan menanjak, akselerasi cepat. Bisa untuk pegunungan, bisa untuk balapan criterium. Komentar juri: “Performa keseluruhan, khususnya menanjak, adalah di atas standar untuk segmen ini.”

GRAVEL BIKE: DARE-Bikes GFX

Kategori gravel bike, sepeda road yang bisa diajak off road, merupakan segmen paling berkembang belakangan ini. Tidaklah komplet kalau tidak ada penghargaan khusus di kategori yang populer dari Amerika Serikat ini.

Di Taipei, pemenangnya adalah GFX dari DARE-Bikes. Juri terkesan dengan kerapian detail sepeda yang siap diajak kasar ini.

Untuk konstruksinya, demi menambah kenyamanan, ada tambahan bahan karbon fleksibel bernama “Flake Armor” pada bagian seat tube. Sedangkan rear dropout-nya bisa dipanjang pendekkan, ala Trek Checkpoint.

Wheelbase sepeda dipendekkan kalau ingin performa lincah. Lalu bisa dipanjangkan kalau ingin stabilitas ekstra atau memasang ban lebih lebar. (bersambung)

 

 

 


COMMENTS