Visma Umumkan Lease a Bike sebagai Sponsor Utama Baru

Bos Visma RIchard Plugge (dua dari kanan) bersama petinggi Lease a Bike saat pengumuman kerja sama sebagai sponsor utama (24/11).

Jumbo Visma resmi berganti nama. Tim sarat bintang asal Belanda itu akan berganti nama menjadi Visma-Lease a Bike untuk musim 2024. Itu sejalan dengan pergantian sponsor utama tim tersebut.

Lease a Bike adalah platform persewaan sepeda terkemuka di Eropa. Punya perwakilan di sejumlah negara yang tradisi sepedanya kuat, seperti Jerman, Austria, Belanda, dan Belgia. Mereka menggantikan perusahaan supermarket asal Belanda, Jumbo. Sejak Oktober lalu sudah tersiar kabar tentang posisi Lease a Bike yang akan jadi sponsor utama Visma, namun baru diumumkan Jumat waktu setempat (24/11).

”Kami senang bisa mengumumkan kerja sama baru Visma dengan Lease a Bike, dua perusahaan internasional kuat yang sebelumnya telah bekerja sama dengan sangat erat,” kata CEO Visma Richard Plugge dalam resmi. ”Kerja sama ini adalah satu langkah besar untuk memastikan bahwa kami memiliki sumber daya untuk lebih baik dan berkembang sebagai satu tim,” lanjutnya.

Musim lalu Visma tampil luar biasa di ajang UCI World Tour. Tiga gelar grand tour mereka sapu bersih, Giro d’Italia, Tour de France, maupun Vuelta a Espana. Lalu muncul kabar tentang masalah finansial. Besar pasak dari pada tiang. Yang membuat salah satu jagoan terbaik Visma, Primoz Roglic, harus pergi meski kontraknya masih tersisa sampai 2025. Padahal, ia adalah juara tiga kali juara Vuelta, dan sekali juara Giro.

Jonas Vingegaard

Meski tidak ada lagi Roglic, skuad Visma musim depan sebenarnya masih mentereng. Ada Jonas Vingegaard (juara Tour de France 2022 dan 2023) juga Sepp Kuss yang juara Vuelta tahun ini. Juga ada Wout van Aert, juara sejumlah etape grand tour yang punya sejumlah gelar bergengsi di ajang classic.

Sebelumnya, sempat muncul kabar bahwa Visma akan merger dengan Soudal-Quick-Step untuk menyelesaikan masalah finansial itu. Visma butuh sponsor utama ketika Jumbo memutuskan pergi. Merger menjadi opsi karena mendapatkan sponsor utama untuk tim balap sepeda pro dengan budget raksasa tidaklah mudah. Sejumlah pertemuan dengan tim asal Belgia itu dilakukan untuk memuluskan proses merger, namun pada akhirnya tidak berhasil.

Sampai akhirnya Oktober lalu sejumlah media melaporkan Visma sudah mencapai kata sepakat dengan Lease a Bike. Perusahaan ini sejatinya dimiliki oleh Pon. Bila dirunut, Pon juga pemilik Cervelo, sepeda yang digunakan Visma.

Presentasi Visma-Lease a Bike rencananya akan dilakukan 21 Desember nanti di Amsterdam. Selain mengumumkan barisan pembalap untuk musim depan, mereka juga akan menampilkan corak warna tim baru. Menggantikan kombinasi hitam-kuning yang dipakai musim ini. (*)


COMMENTS