Gabung Soudal-QuickStep, Mikel Landa Siap Bantu Wujudkan Misi Remco Evenepoel

Soudal-QuickStep merealisasikan janji membawa Remco Evenepoel bersinar di Tour de France 2024. Tim asal Belgia itu menambah amunisi dengan merekrut climber Mikel Landa hingga 2025.

Landa akan memulai debutnya dengan Soudal-QuickStep tahun depan.

Landa menjalani empat tahun terakhir bersama Bahrain Victorious. Pembalap asal Spanyol itu pernah memperkuat Team Sky (sekarang Ineos Grenadiers) pada 2016-2017. 

Lalu ia ke Movistar pada 2017-2018. Soudal-QuickStep adalah tim Belgia pertamanya.

“Saya pernah memperkuat tim Italia, Spanyol, dan Inggris. Sekarang saya menantikan untuk menemukan lebih banyak hal tentang budaya Belgia,” kata pembalap berusia 33 tahun.

Dalam pernyataan resminya Landa juga mengaku siap untuk membantu Evenepoel meraih posisi terbaik. Evenepoel diproyeksikan akan debut pada Tour de France 2024, yang digelar menjelang Olimpiade Paris 2024.

“Saya selalu merasa nyaman mendukung pembalap muda. Saya tahu saya akan cocok di sini. Pada musim mendatang saya yakin bisa banyak membantu Remco. Pada saat yang sama, jika diberi kesempatan, saya sendiri bisa meraih hasil yang baik,” kata Landa.

Selama 13 tahun kariernya di dunia balap profesional, Landa dua kali juara etape di Giro d’Italia 2015. Saat itu ia masih memperkuat Astana Pro Team.

Landa mencapai puncak kariernya bersama Team Sky pada 2017. Ia meraih jersey polkadot Giro d’Italia 2017 dan menduduki posisi keempat general classification Tour de France 2017.

Sementara itu manajer Soudal-QuickStep Patrick Lefevere mengatakan timnya membutuhkan climber untuk bisa memperbaiki posisi dalam klasemen tim. Dan Landa dirasa cocok untuk mengisi kekosongan tim.

Tanpa climber yang mumpuni, Soudal-QuickStep memang kesulitan untuk menembus persaingan tim. Pada Tour de France 2023 lalu, mereka menempati posisi ke-20 klasemen tim. Mereka sempat menyabet satu kemenangan di etape 18 melalui Kasper Asgreen.

“Kami mengenal Mikel sejak lama. Dia selalu luar biasa dalam tanjakan sulit dalam Grand Tours sejak menjadi pembalap profesional bertahun-tahun lalu. Kami yakin dia orang yang tepat memperkuat tim kami,” kata Lefevere.(mainsepeda)


COMMENTS