Lolos ke World Track Championships Sekaligus Amankan Poin ke Olimpiade 2024

Tim balap sepeda Indonesia memenuhi target dalam Asian Track Championships 2023. Bernard Van Aert dan Terry Yudha Kusuma meraih podium ketiga dalam nomor madison. Ini merupakan medali pertama dalam nomor tersebut.

Dalam perlombaan di National Velodrome, Nilai, Malaysia pada Minggu, 18 Juni lalu, Bernard dan Terry meraih total 480 poin. Podium pertama diraih oleh Kazushige Kuboki dan Shunsuke Imamura dari Jepang dengan 600 poin. Disusul pasangan Hongkong Ka Yu Leung dan Chun Wing Leung dengan 540 poin.

“Untuk nomor madison ini memang target kami berada di tiga besar untuk lolos ke World Track Championships dan mengamankan poin menuju Olimpiade Paris 2024,” ujar pelatih balap sepeda Indonesia Dadang Haries Poernomo.

Dengan hasil tersebut, Bernard dan Terry berhasil lolos ke World Track Championships 2023. Event tersebut akan berlangsung pada 3-13 Agustus mendatang di Glasgow, Britania Raya.

Ada dua rekor nasional yang tercipta dari ajang tersebut. Wiji Lestari mempertajam rekornya pada nomor women elite time trial 500 meter. Wiji mencatat waktu 35,133 detik. Lebih cepat dari rekor sebelumnya 36,8 yang diraih di India pada 2022 lalu.

Dhentaka Dika Alif mencetak rekor baru untuk nomor men elite time trial 1 km dalam waktu 1 menit 03,044 detik. Unggul tipis dari rekor sebelumnya dipegang oleh Terry dalam waktu 1 menit 03,031 detik di Jakarta pada 2019 lalu.

Tim balap sepeda meraih total empat medali dari Asian Track Championships 2023. Selain perunggu dari nomor man elite madison atas nama Bernard dan Terry, Indonesia juga meraih dua emas dan satu perak.

Dua emas datang dari pembalap junior. Muhammad Syelhan Nuramat menjadi juara pada nomor points race. Ia meraih total 68 poin. Syelhan unggul atas Muhammad Hafiq Mohd Jafri 49 poin dan Jeong Ju 34 poin.

Kemudian Syelhan juga menyumbang emas dari nomor men junior madison bersama Julian Abimanyu. Syelhan turut memberikan perak pada nomor men junior omnium. Pada nomor tersebut, Kensyou Kanai meraih podium pertama dan Eng Teng Zhang pada posisi ketiga.(mainsepeda)

Foto: PB ISSI


COMMENTS