Mark Cavendish Umumkan Pensiun Akhir Musim 2023

Mark Cavendish (Astana Qazaqstan) mengumumkan pensiunnya saat rest day Giro d’Italia. Pembalap asal Inggris itu mengatakan bahwa musim 2023 akan menjadi musim terakhirnya sebagai pembalap sepeda professional. Setelah 17 tahun berkarir di olahraga balap sepeda.

Ia masih akan mengikuti Tour de France pada Juli 2023. Cavendish juga menargetkan satu kemenangan etape untuk menambah jumlah kemenangannya di Tour de France.

Ia ingin bisa mengungguli legenda balap sepeda Eddy Merckx yang sudah 34 kali juara etap di Tour de France. Cavendish sendiri kini juga sudah mengumpulkan 34 kemenangan etape Tour de France.

Cavendish saat ini turun di Giro d’Italia. Prestasi terbaik pembalap asal Inggris di Giro d’Italia 2023 adalah ketika meraih posisi ketiga, di belakang Pascal Ackermann (UEA Team Emirates) dan Jonathan Milan (Bahrain-Victorious) di etape 11.

Cavendish sendiri sempat berjuang menemukan tim baru ketika offseason, setelah Soudal-QuickStep memilih tidak memperpanjang kontraknya. Akhirnya pada Januari 2023, Cavendish menandatangani kontrak dengan Astana Qazaqstan.


Mark Cavendish usia 38 tahun akan mengakhiri karirnya musim ini

“Saya telah menikmati karier yang panjang, tetapi kegembiraan ketika mengendarai sepeda dan rasa lapar untuk terus menang masih ada,” ujar Cavendish awal musim lalu saat pertama bergabung dengan Astana Qazaqstan.

Pada 2020 sempat beredar rumor bahwa Cavendish akan pensiun dari olahraga sepeda setelah bertahun-tahun berjuang melawan penyakit dan cedera yang membuatnya kesulitan mendapatkan kembali performa terbaik. Apalagi ia harus mencari kontrak baru setelah kontraknya diputus oleh Bahrain-McLaren.

Namun setelah itu Cavendish menandatangani kontrak baru dengan Deceuninck-QuickStep. Cavendish berhasil comeback dengan menakjubkan dan kembali ke performa terbaiknya dengan memenangkan empat etape di Tour de France 2021.

Cavendish adalah salah satu pembalap sepeda tersukses dalam sejarah olahraga sepeda. Bahkan menurut sebagian orang, ia adalah sprinter terhebat yang pernah ada.

Cavendish adalah pembalap Inggris dengan kemenangan terbanyak. Total ia sudah memenangi 161 balapan. Termasuk kemenangan di Milan Sanremo, Kejuaraan Dunia 2021, dan kemenangan etape di Giro d’Italia serta Vuelta a Espana.(mainsepeda)

Om Ray ternyata pernah menjajal salah satu rute Giro d'Italia, simak di Podcast Mainsepeda di bawah ini


COMMENTS