Sempat Alami Pecah Ban, Road Race Putra Raih Perak SEA Games 2023


Aiman Cahyadi (dua dari depan) meraih perak pada nomor road race mass putra (Credit: Nick Hanoatubun/PB ISSI)

Tim balap sepeda Indonesia masih konsisten menyumbang medali setiap hari. Setelah memboyong lima emas, kini Aiman Cahyadi menyumbang perak dari nomor road race mass putra. Indonesia menjadi juara umum dengan mengumpulkan total lima emas, dua perak, dan satu perunggu.

Pada Jumat, 12 Mei 2023, di Kulen Mountains, Siem Reap, Kamboja, Aiman harus puas finis di urutan kedua.

Balapan tersebut terdiri dari 6 lap dengan masing-masing berjarak 25,1 km. Menempuh rute total 150,6 km itu, Aiman kalah bersaing dengan Nur Amirull Fakhruddin Mazuki dari Malaysia.

Balapan tersebut berakhir ketat. Satu peleton yang terdiri dari tujuh pembalap dari tujuh negara berbeda bersaing ketat di garis finish.

Mereka mencatat waktu yang identik 3 jam 22 menit 50 detik. Medali perunggu kemudian menjadi milik Ronald Oranza dari Filipina.

Dengan hasil ini Aiman mengulang capaian SEA Games 2021. Saat itu Aiman juga meraih perak pada nomor road race putra.

Lagi-lagi ia kalah bersaing dengan pembalap dari Malaysia yang saat itu diwakili oleh Nur Aiman Mohd Zariff.

Pelatih Dadang Haries Poernomo menjelaskan dalam balapan itu sempat terjadi insiden. Terry Yudha Kusuma yang diplot menyelesaikan finish di depan mengalami pecah ban. Kejadian itu terjadi sekitar 20 km sebelum finis lap pertama.

“Begitu hal tersebut terjadi, pembalap lain membuat move agar Terry tidak masuk peleton lagi. Akhirnya peleton terpecah cukup banyak. Di situlah terjadi perubahan strategi dan akhirnya Aiman yang menjadi andalan,” kata Dadang.

Pada garis finis, Mazuki yang menjadi sprinter andalan Malaysia lolos dari kejaran. “Aiman kalah sedikit dari dia. Ya, anak-anak sudah maksimal dan saling bekerja sama,” lanjut Dadang.

Tim balap sepeda akan menjalani satu nomor terakhir yaitu road race mass putri Sabtu 13 Mei 2023. Indonesia menurunkan empat pembalap yaitu Dara Latifah, Dewika Mulya Sova, Magh Firotika Marenda, dan Ayustina Delia Priatna.

Sebelumnya pada nomor road race, Terry berhasil menyabet emas pada nomor criterium putra.(mainsepeda)


COMMENTS