Terry Yudha Juara Criterium, Sumbang Emas Kelima SEA Games 2023


Terry Yudha Kusuma (tengah) meraih emas pada nomor criterium pada Kamis (11/5) di Kulen Mountains, Siem Reap (Foto: PB ISSI)

Tim balap sepeda Indonesia memastikan diri sebagai juara umum SEA Games 2023. Tim Merah Putih juga sukses melampaui target medali emas. Terry Yudha Kusuma menjadi juara criterium, Kamis 11 Mei 2023, sekaligus menyumbang emas kelima untuk tim balap sepeda Indonesia.

Pada pertandingan di Kulen Mountains, Siem Reap itu, Terry menjadi yang tercepat. Catatan waktunya 1 jam 13,38 menit. Balapan criterium ini memiliki lintasan sepanjang 1,84 km dengan 30 lap. Para pembalap harus menempuh total 55,2 km.

Menjelang finis Terry adu sprint dengan Nur Amirull Fakhruddin (Malaysia). Tidak ada selisih waktu dari keduanya.

Namun Mazuki harus puas meraih perak karena kalah tipis dari Terry. Medali perunggu diraih oleh Ronald Oranza. Pembalap asal Filipina itu berjarak 1 detik dari Mazuki.

“Kami menambah satu medali emas atas nama Terry Yudha. Kerja tim cukup bagus. Semua instruksi dijalankan dengan baik oleh pembalap-pembalap kami,” kata Dadang Haries Poernomo, pelatih tim balap sepeda Indonesia.

Dalam nomor criterium putra ini, Indonesia juga menurunkan Aiman Cahyadi dan Muhammad Andy Royan. Hasilnya Royan finis di peringkat ketujuh dalam waktu 1 jam 13 menit 41 detik.

Sedangkan Aiman menyelesaikan lomba diurutan kesembilan dalam waktu 1 jam 15 menit 14 detik.

Sayangnya, pada nomor criterium putri tidak ada medali yang didapat. Magh Firotika Marenda finis diurutan keempat.

Masing-masing tiga teratas pada nomor ini ditempati oleh Juthatip Maneephan (Thailand), Nguyen Thi That (Vietnam), dan Nur Aisyah Muhammad Zubir (Malaysia).

Indonesia masih berpeluang menambah medali lagi. Ada dua nomor tersisa yaitu open road race. Besok akan dipertandingkan open road race putra. Kemudian open road race putri pada lusa.

Tim balap sepeda Indonesia telah meraih 5 emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Sebanyak empat emas sebelumnya berasal dari nomor cross-country olympics (XCO) putra dan putri, cross-country relays (XCR), dan cross-country eliminator (XCE) putri. (mainsepeda)


COMMENTS