Wujudkan Negeri Ramah Pesepeda, Perancis Siapkan Rp 32 Triliun Lewat 'Plan Velo'

Perancis ingin negaranya menjadi ramah pesepeda. Mereka menggelontorkan dana fantastis untuk mempromosikan olahraga bersepeda. Dana sebesar 2 miliar Euro (sekitar Rp 32 triliun) disiapkan selama empat tahun untuk mempromosikan bersepeda sebagai moda transportasi.

Investasi ini merupakan bagian dari program plan velo. Plan Velo itu memiliki tiga sasaran utama.

Pertama menjadikan bersepeda dan berjalan kaki sebagai alternatif yang menarik dari mobil pribadi. Kedua mendukung industri sepeda di Perancis. Dan ketiga, membuat bersepeda dapat diakses oleh semua orang dari segala usia.

Kebijakan ini sekaligus untuk mendukung upaya mengurangi emisi gas rumah kaca.

Untuk mencapai tujuan-tujuan itu pemerintah akan mengembangkan infrastruktur bersepeda baru. Di antaranya membuat jalur bersepeda yang aman dan nyaman.

Panjang jalur bersepeda akan terus ditambah. Dari 57.000 km menjadi 80.000 km pada 2027. Lalu ditingkatkan lagi menjadi 100.000 km pada 2030.

Bantuan keuangan untuk membeli sepeda juga akan diperpanjang hingga 2027. Subsidi tersebut diberikan beragam. Mulai dari 300 Euro hingga 2.000 Euro. Tergantung pada jenis sepeda dan pendapatan rumah tangga penerima subsidi.

Selain itu, pemerintah akan menguji coba peraturan baru. Khususnya peraturan jalan raya untuk mempromosikan bersepeda yang lebih aman dan memperlancar lalu lintas sepeda. Misalnya bagaimana mengizinkan lampu lalu lintas menyala hijau untuk pengendara sepeda terlebih dahulu.

Dari sisi edukasi sejak dini juga disentuh. Ada program untuk mengajarkan 850.000 anak sekolah per tahun agar mereka bisa mengendarai sepeda dengan benar dan aman.

Dari sisi industri, pemerintah akan mengintervensi agar produksi sepeda dalam negeri bisa tembus 1,4 juta unit per tahun pada 2027.

Perancis berencana memperkenalkan langkah-langkah yang bisa memudahkan produsen lokal untuk memproduksi sepeda dengan mengurangi ketergantungan pada suku cadang impor.

"Upaya negara untuk sepeda belum pernah terjadi sebelumnya dan semasif ini," tulis Menteri Transportasi Clement Beaune di Twitter.

Investasi pemerintah Perancis dalam bersepeda merupakan bagian dari upaya yang lebih luas untuk mengurangi ketergantungan pada mobil pribadi. Sekaligus mendorong moda transportasi yang lebih berkelanjutan. Selain itu, Pemerintah Perancis melihat adanya potensi pertumbuhan di sektor sepeda.

Dari sisi pariwisata, pemerintah ingin mempromosikan wisata bersepeda dengan mengembangkan rute dan infrastruktur bersepeda baru. Mereka ingin menjadikan Perancis sebagai destinasi yang lebih menarik bagi para pesepeda. Apalagi negera itu memang punya keindahan alam dan warisan budaya yang kaya.

Kebijakan itu tentu mendapat dukungan banyak pihak. Termasuk dari para komunitas sepeda. "Keputusan ini harus disambut baik untuk menjadikan bersepeda sebagai pilihan yang realistis bagi sebanyak mungkin orang," tulis rilis komunitas Advokasi French Bicycle Users.(mainsepeda)


COMMENTS