Mengenal Gerakan Global Wali Kota Sepeda


Felix John, salah satu Wali Kota Sepeda di Chennai, India.

Sebuah organisasi masyarakat yang berbasis di Amsterdam, Belanda, BYCS punya gerakan global bernama Wali Kota Sepeda. Gerakan itu memiliki moto “Sepeda mengubah kota dan dunia”.

BYCS membantu memfasilitasi pengembangan budaya bersepeda di kota-kota seluruh dunia. BYCS memiliki keyakinan bahwa sepeda meruapakan transportasi paling efisien dan berkelanjutan.

Bersepeda juga olahraga yang tidak memandang gender apapun. Bersepeda juga punya berbagai dampak positif lainnya. Antara lain mengurangi ketidaksetaraan yang terjadi di kota dan desa, meningkatkan kesehatan masyarakat, mendorong perekonomian berbasis lingkungan, dan sepeda adalah alat paling ampuh untuk transformasi masyarakat.

BYCS punya perwakilan di 150 negara. Di negara-negara itu, ada semacam leader yang mereka sebut sebagai Wali Kota Sepeda. Para Wali Kota Sepeda itu punya program masin-masing di kotanya untuk memasifkan penggunaan sepeda.

Wali Kota Sepeda pertamanya BYCS adalah Anne Lauten, asal Amsterdam, Belanda. Saat ini terdapat 150 Wali Kota Sepeda yang tersebar hampir di seluruh belahan dunia. 

Sindile Mavundla Wali Kota Sepeda Cape Town, Afrika Selatan misalnya. Ia memimpin koalisi dan forum yang mendukung Cape Town menjadi kota yang layak huni. Ada juga Wali Kota Sepeda Bath (Inggris) Saskia Heijltjes yang membuat kampanye Kiddical Mass. Tujuannya menginspirasi dan mengedukasi orang-orang mengenai keselamatan di jalan bagi anak-anak.

Lanrick Jr. Bennett adalah salah satu Wali Kota Sepeda Toronto, Kanada yang baru dilantik. Ia mengatakan, bersepeda bisa mengenal lebih dekat kondisi kotanya.

“Saya pikir Wali Kota Sepeda adalah sebuah program yang luar biasa. Saya dapat turut memajukan kota agar semakin nyaman dan ramah untuk ditinggali. Dengan bersepeda saya bisa melihat infrastruktur dengan lebih detail dan mendengarkan keinginan banyak orang yang saat ini sudah mulai tidak bergantung pada kendaraan bermotor seperti mobil," terang Bennett

Menurut Bennett masih banyak pekerjaan yang harus ia lakukan. Namun melalui BYCS ia yakin bisa menyelesaikan pekerjaan itu. "Sejauh ini saya merasa berada pada organisasi yang tepat untuk melakukan pergerakan ini,” ujarnya.

BYCS juga memiliki program Wali Kota Sepeda Muda. Program ini bertujuan memberikan perspektif dan imajinasi remaja melalui aktivitas sepeda.

Program ini juga bertujuan untuk memberikan pengertian bahwa bersepeda cocok untuk segala usia. Saat ini terdapat 5 Wali Kota Sepeda Muda yang terdapat di Belanda, India, dan Irlandia.(Mainsepeda)


COMMENTS