Diikuti 228 Pembalap, Abah Asril Rebut Podium UCI Gran Fondo JCS Minangkabau


Event balap sepeda internasional Jelajah Cycling Series (JCS) Minangkabau 2023 tuntas digelar Sabtu (4/3). Event yang punya nama resmi UCI Gran Fondo – Jelajah Cycling Series Minangkabau 2023 itu diikuti 228 pembalap. Para peserta melahap jarak 116 km. Dari Padang, Solok lalu finish di Istana Basa Pagaruyung, Batusangkar, Kabupaten Tanah Datar.

Wakil Gubernur Sumatra Barat (Sumbar), Audy Joinaldy melepas peserta JCS Minangkabau 2023 di halaman Istana Gubernuran, Sabtu (4/3). Para pembalap yang ikut serta tidak hanya dari Indonesia. Ada juga dari enam negara lainnya, yakni Tiongkok, Belanda, Perancis, Latvia, Laos, dan Thailand.

Ada delapan kategori yang dilombakan di JCS Minangkabau 2023. Yaitu Men Elite 19 tahun ke atas, Junior 17 tahun (17-18 tahun), Open (19-29 tahun), Master A (30-39 tahun), Master B (40-49 tahun), Master C (50-59 tahun), Women Elite (19 tahun) dan Women Master (25 tahun ke atas).

Nah, Asril Kurniadi Adenan berhasil mencuri podium di event itu. Ia merebut juara pertama untuk kategori Master C (50-59 tahun). Pria yang biasa disapa Abah Asril itu mewakili BRCC Banyuwangi. Abah Asril mencatatkan waktu 3 jam 19 menit 36 detik. Abah di depan pembalap Prancis, Emmanuel Galbourdin yang finis 3 jam 26 menit 38 detik.

"Rutenya benar-benar komplet. Ada tanjakannya, ada turunan, ada flat, ada rolling. Jadi komplet banget. Alhamdulillah saya berhasil nomor satu di Master C. Sebenarnya saya mengejar gelar tambahan di segmen KOM, tapi kalah satu detik. Namun saya justru menang di segmen sprint," ungkap Abah Asril, Sabtu sore. 

Event ini melombakan tanjakan dan kecepatan (sprint) di semua kategori. Lomba tanjakan di JCS Minang 2023 cukup menarik. Peserta harus menaklukkan tanjakan legendaris, Sitinjau Lauik. Tanjakan yang melegenda di Sumatera Barat dan populer di YouTube itu punya kemiringan 23 persen.

Jarak yang dilombakan sejauh 22 kilometer. Dimulai pada km 8 dengan ketinggian 60 meter di atas permukaan laut (mdpl), dan finis di km 30 pada elevasi 1.113 meter Sedangkan lomba kecepatan (sprint) dilakukan di tepi Danau Singkarak sejauh 17 km.

Sementara itu, Wagub Sumbar Audy Joinaldy mengaku senang akhirnya provinsinya bisa kembali menjadi tuan rumah event sepeda internasional. “Banyak manfaat yang bisa kami dapat dari penyelenggaraan JCS Minangkabau 2023 ini. Antara lain, meningkatkan promosi dan kunjungan wisata ke Sumbar, serta mendorong geliat perkembangan sektor ekonomi kreatif, kuliner dan UMKM,” kata Audy.(mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: Berita Minang, jwsportphotography


COMMENTS