UCI Track Nations Cup 2023: Indonesia Lolos Final, Hasil Madison Lebihi Target

Tim Indonesia menutup hari terakhir UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta dengan progres yang baik. Bernard van Aert dan Terry Yudha Kusuma yang turun pada nomor madison berhasil tampil di babak final. Meski finis paling akhir, setidaknya Bernard dan Terry menyelesaikan race dengan baik.

Dalam race yang berlangsung di Velodrome Rawamangun pada Minggu (26/3) itu, Bernard dan Terry turun di heat kedua. Mereka mengumpulkan 12 poin dan menempati urutan keenam dari 12 peserta. Hanya sembilan peringkat teratas dari tiap heat yang berhak lolos ke final.

Dalam heat kedua itu, Portugal menjadi yang teratas dengan 21 poin. Disusul Jepang (20 poin), Belanda (19 poin), Australia (16 poin), dan Republik Ceko (15). Austria di posisi ketujuh dengan 12 poin.

Kemudian pada babak final, Indonesia mendapat -40 poin karena mengalami overlap dua kali. Secara keseluruhan Indonesia menempati posisi ke-14 dari 18 peserta. Meski demikian hasil yang dicapai Bernard dan Terry masih lebih baik. Sebab, Polandia, Kanada, Austria, dan Korea tidak mampu menyelesaian race.

“Hasil hari ini sangat memuaskan buat kami. Bisa finis itu sudah bangga karena melihat ada negara lain yang tidak bisa finis. Kami banyak belajar juga dan jadi pengalaman baru,” kata Bernard saat ditemui usai balapan.

Bernard mengakui tampil di babak final merupakan tantangan tersendiri. Ini juga menjadi race ketiganya dengan Terry di nomor madison. “Kalau lihat persaingan di final itu, ya jelas kami beda kelas ya. Ibarat sama motor, ini beda cc,” kata pembalap asal Pontianak itu.

Pada nomor madison ini, Jerman menjadi juara. Mereka mendominasi dengan total raihan 97 poin. Posisi kedua ditempati oleh Belanda dengan 83 poin. Disusul Selandia Baru dengan 59 poin.

Meski begitu hasil ini sudah sesuai target. Awalnya mereka menargetkan bisa lolos ke babak final dan tidak berada di posisi terakhir. “Bisa finis saja sebenarnya sudah bagus. Memang banyak yang perlu kami tingkatkan. Mulai dari pemanasan sampai gear,” ujarnya.

Setelah seri di Jakarta ini, Bernard, Terry, dan Ayustina Delia Priatna akan berangkat ke Kairo, Mesir pada 7 Maret. Mereka akan mengikuti terakhir UCI Track Nations Cup 2023 di Kairo yang berlangsung pada 14-17 Maret mendatang.

"Persiapan ini kurang dua pekan. Kurang lebih sama seperti persiapan sebelumnya. Targetnya bisa memperbaiki hasil di sini. Target saya di omnium yang kemarin gagal masuk final,” imbuh Bernard. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: PB ISSI


COMMENTS