UCI Track Nations Cup 2023: Bernard dan Ayustina Berburu Poin ke Olimpiade 2024

Bernard van Aert (dua dari kiri) dan Ayustina Delia Priatna (dua dari kanan) jadi andalan Indonesia di UCI Track Nations Cup 2023

Bernard van Aert dan Ayustina Delia Priatna akan menjadi andalan Indonesia dalam UCI Track Nations Cup 2023 di Jakarta. Event ini merupakan seri pertama kualifikasi balap sepeda disiplin track untuk Olimpiade Paris 2024. Kedua pembalap tersebut saat ini memiliki ranking paling tinggi untuk mengejar tiket ke Paris.

Bernard menempati posisi kedelapan ranking omnium. Ia sudah mengumpulkan 1659 poin. Pembalap asal Pontianak itu meraih perak pada UCI Track Nations Cup di Cali, Kolombia pada 10 Juli 2022. Kemudian Bernard menempati posisi 20 di Kejuaraan Dunia Track 2022 di Saint Quentin, Prancis pada 16 Oktober lalu.

“Ini menjadi Nations Cup kedua bagi saya. Semoga bisa mencapai lebih baik dari Nations Cup yang sebelumnya. Target saya bisa mendapatkan posisi klasemen yang baik karena ini sudah start kualifikasi Olimpiade. Saya berharap bisa mendapat poin tinggi di sini,” kata pembalap berusia 26 tahun itu.

Bernard baru akan turun pada Sabtu (25/2) dan Minggu (26/2). Ia masih memiliki waktu untuk melakukan persiapan final. Sejauh ini Bernard mengaku siap tampil dan memberikan yang terbaik. “Kami sudah latihan cukup keras untuk mempersiapkan ini. Sekarang tinggal menjaga kondisi saja. Secara keseluruhan persiapan kami sudah matang,” tuturnya.

Kemudian Ayu tampil pada nomor team sprint dan omnium. Saat ini Ayu menempati posisi ke-28 ranking omnium dengan raihan 1052 poin. Pada pada UCI Track Nations Cup di Cali, Kolombia lalu, Ayu finis diurutan ke-15. Sebelum itu Ayu meraih perak pada Asian Track Cycling Championships 2022.

“Tantangan kali ini lebih ke kondisi tim sama kekompakan ya. Apalagi kali ini saya akan tampil sama junior yang masih baru di nomor track. Di sisi lain kejuaraan ini juga sangat penting untuk pencarian poin. Target saya sendiri bisa masuk ranking 10 besar,” kata Ayu.

Kabid Binpres PB ISS Budi Saputra mengatakan pihaknya berharap hasil terbaik dari pembalap yang turun dalam event ini. Budi mengakui bahwa peluang Bernard memang lebih tinggi dari pembalap lainnya. “Saya berharap dia bisa mengulang penampilannya seperti di Kolombia. Dengan tampil sebaik itu, dia bisa naik podium,” kata Budi. (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 126

Foto: NOC Indonesia


COMMENTS