Nairo Quintana Balapan Lagi Meski Tanpa Tim

Nairo Quintana dipastikan berlaga di Kejuaraan Nasional Kolombia 2023. Race tersebut akan berlangsung pada 10-13 Februari mendatang di Bucaramanga. Meski sempat tersandung kasus doping, Quintana tetap bisa mengikuti race tersebut karena ada celah dari peraturan Federasi Balap Sepeda Kolombia.

Pembalap berusia 32 tahun itu dinyatakan positif menggunakan obat penghilang rasa sakit (painkiller) Tramadol. Hal itu membuatnya didiskualifikasi dari Tour de France 2022. Secara teknis Tramadol bukan jenis doping. Tetapi obat tersebut dilarang oleh UCI dan Badan Antidoping Dunia (WADA). 

Quintana dilepas oleh tim Arkea-Samsic sejak Oktober 2022. Hingga kini juara Giro d’Italia dan Vuelta a Espana itu berstatus tanpa. Tetapi ia menolak untuk mengakhiri kariernya. Quintana bertekad untuk terus balapan dan mencari tim baru. 

"Saya ingin kembali berkompetisi. Merasakan sakit di kaki saya tetapi juga merasakan kepuasan karena meraih kemenangan. Saya ingin memberikan yang terbaik dari diri saya sampai garis finis. Saya menginginkan hal itu karena kompetisi adalah bagian dari diri saya," kata Quintana dalam laman Cyclingnews.

Baca Juga: Masih Menganggur, Siapa Mau Rekrut Quintana?

Menurut Federasi Balap Sepeda Kolombia, Quintana sudah terdaftar di Kejuaraan Nasional Kolombia 2023 sejak Kamis (26/1) lalu. Ini akan menjadi partisipasinya yang keempat. Selama mengikuti kejuaran nasional tersebut, Quintana memang belum pernah juara. Capaian terbaiknya adalah peringkat keempat pada edisi 2016 dan 2020.

Quintana terakhir kali balapan pada World Championships 2022 di Australia pada September lalu. Setelah itu ia menghabiskan musim dingin di Kolombia. Hingga mengumumkan akan mengikuti kejuaraan nasional dalam sebuah unggahan di Instagram pada Minggu (29/1) lalu.

Kejuaraan Nasional Kolombia memiliki rute sepanjang 237 kilometer. Selain Quintana, Gelaran ini diikuti Rigoberto Uran (EF Education-EasyPost), Sergio Higuita (Bora-Hansgrohe), Miguel Angel Lopez (Medellin - EPM), Esteban Chaves (EF Education-EasyPost), Daniel Martinez (Ineos Grenadiers), Ivan Sosa (Movistar), Harold Tejada (Astana Qazaqstan), dan Einer Rubio (Movistar). (mainsepeda)

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 123

Foto: Zac Williams/Swpix.com


COMMENTS