Tour Down Under 2023: Coquard Raih Kemenangan Perdana di WorldTour


Setelah 10 Tahun berkarier di balap sepeda, Bryan Coquard akhirnya menang di WorldTour

Betapa bahagianya Bryan Coquard (Cofidis) saat ini. Pembalap asal Prancis itu memenangi Etape 4 Tour Down Under 2023 pada Sabtu (21/1) siang. Kemenangan yang begitu berharga. Sebab ini adalah podium pertama bagi rider 30 tahun itu di ajang WorldTour.

Coquard sudah balapan sejak 2013. Selama satu dekade itu, ia telah mengoleksi empat lusin kemenangan. Akan tetapi, tak satu pun podium yang diperoleh di level WorldTour. Penantian panjang Coquard berakhir pada Sabtu siang. Ia menjadi yang tercepat di Etape 4 Tour Down Under 2023.

Dalam lomba yang menempuh rute sepanjang 133,2 kilometer itu, Coquard finis pertama dengan catatan waktu 2 jam 53 menit 41 detik. Alberto Bettiol (EF Education-EasyPost) menempati ranking kedua. Sedangkan rekan senegara Coquard, Hugo Page (Intermarché - Circus - Wanty) menduduki posisi ketiga.

"Saya telah memenangkan banyak balapan, namun ini yang pertama di WorldTour. Kemenangan ini adalah target saya pada musim 2023. Jadi, untuk memenangkannya pada bulan Januari adalah kabar baik," ucap Coquard usai lomba.

Angin kencang menjadi tantangan utama di Etape 4. Terutama di 50 kilometer menjelang finis. Situasi tersebut membuat peloton terbagi dalam beberapa echelon. Coquard berada di grup terdepan di sisa 15 kilometer. Ia tergabung bersama hampir tiga lusin pembalap lainnya.

Jayco-AlUla dan Ineos Grenadiers mendominasi. Kedua tim ini menempatkan hampir seluruh pembalapnya di grup terdepan. Targetnya bukan sekadar merebut kemenangan etape. Tapi juga menggulingkan Jay Vine (UAE Team Emirates) dari puncak General Classification (GC).

Tapi Coquard lah yang berhasil mencuri kemenangan di tahapan ini. Ia melesat cepat dalam uphill sprint menuju garis finis di Willunga Township. Panjangnya 1 kilometer dengan gradien rata-rata 3,2 persen. "Saya menunggu selama sepuluh tahun untuk kemenangan pertama WorldTour ini," kata Coquard dengan gembira.

Meski melalui hari berat di Etape 4, Jay Vine (UAE Team Emirates) berhasil bertahan di puncak GC

Sementara itu, upaya Jayco-AlUla dan Ineos Grenadiers untuk mengambil alih puncak GC gagal terlaksana. Vine masih bertengger di puncak klasemen overall. Unggul 15 detik dari Pello Bilbao (Bahrain Victorious) dan Simon Yates (Jayco-AlUla). Ia masih akan mengenakan jersey ochre ketika mamulai Etape 5 pada Minggu (22/1).

"Besok adalah hari yang besar. Tetapi saya memiliki tim yang selalu mendukung saya. Setiap orang di tim kami sangat termotivasi untuk memimpin balapan WorldTour pertama musim ini. Kami ingin menyelesaikannya pada hari Minggu," tegas Vine.

Etape 5 akan menjadi penutup Tour Down Under 2023. Sekaligus penentuan juara overall dalam balapan pertama di kalender WorldTour 2023 itu. Tahapan ini membawa pembalap melintasi rute sepanjang 112,5 kilometer. Peloton harus dua kali nanjak di Mount Lofty. Ini adalah tanjakan Kategori 1 sepanjang 1,5 kilometer dengan gradien maksimal 10,5 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 4 Tour Down Under 2023 (Top Ten)
1. Bryan Coquard (Prancis), Cofidis 2:53:41
2. Alberto Bettiol (Italia), EF Education-EasyPost +0
3. Hugo Page (Prancis), Intermarché - Circus - Wanty +0
4. Paul Penhoet (Prancis), Groupama - FDJ +0
5. Corbin    Strong (Australia), Israel - Premier Tech +0
6. Michael Matthews (Australia), Jayco AlUla +0
7. Dorian    Godon (Prancis), AG2R Citroen +0
8. Marius Mayrhofer (Jerman), Team DSM +0
9. Kim Heiduk (Jerman), Ineos Grenadiers +0
10. Caleb    Ewan (Australia), Tim Nasional Australia +0

General Classification usai 4 etape dari 5 etape (Top Ten)
1. Jay Vine (Australia), UAE Team Emirates 13:26:31
2. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +15
3. Simon Yates (Inggris), Jayco-AlUla +15
4. Magnus Sheffield (Amerika Serikat), Ineos Grenadiers +45
5. Mauro Schmid (Swiss), Soudal QuickStep +46
6. Ethan Hayter (Inggris), Ineos Grenadiers +50
7. Sven Erik Bystrom (Norwegia), Intermarché-Circus-Wanty +54
8. Hugo Page (Prancis), Intermarché - Circus - Wanty +56
9. Antonio Tiberi (Italia), Trek-Segafredo +58
10. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +1:00

Podcast Mainsepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 122

Foto: Getty Images


COMMENTS