Edisi Kelima FSR Ingin Tunjukkan Surabaya Makin Ramah Pesepeda

First Sunday Ride (FSR) membuka tahun 2023. Acara itu digelar pada Minggu (1/1) dan diikuti sebanyak 250 orang. FSR 2023 menempuh rute sejauh 55 km. Rute itu mengambil lajur sepeda di Surabaya sejauh 40 km. Sedangkan sisanya menyusuri kawasan Surabaya yang lain.

Titik start FSR 2023 berada di Balai Kota. Kemudian menuju Ambengan, Kembang Jepun-Jembatan Suroboyo, Bundaran ITS, Manyar Kertoarjo, ke Panglima Sudirman. Setelah itu masuk Surabaya Barat ke Mayjen Sungkono, Kampus Unesa Lidah, Wiyung, Kebonsari, hingga ke Ahmad Yani. Rute berlanjut ke Basuki Rachmad, Tunjungan, dan berakhir di Alun-Alun Balai Pemuda. Di titik finis tersebut, pada peserta disuguhi aneka jajaan dari UMKM.

FSR ini digagas oleh Komunitas 031 Brompton dan Bike to Work Surabaya. FSR ini merupakan agenda rutin pembuka tahun dan menjadi edisi kelima. Ini juga edisi pertama selepas pandemi.

“Hampir 90 persen rutenya memalkau lajur sepeda yang baru dibangun. Ini juga sekaligus mensosialisasikan lajur sepeda di Surabaya. Bersama dengan Pemkot Surabaya, kami ingin membuat kota ini makin ramah untuk pada pesepeda,” kata Amalia Astrid, founder Komunitas 031 Brompton.

Perempuan yang akrab disapa Lia itu menjelaskan setiap tahun FSR memiliki rute yang berbeda-beda. Tahun lalu FSR dilakukan dengan rute Surabaya-Malang. Agenda sempat mundur di tanggal 9 Januari 2021 karena adanya PPKM.

FSR edisi pertama pada 2019 menempuuh rute 29 km. Kemudian FSR kedua pada 2020 dengan rute sejauh 50 km. Berikutnya FSR 2021 mengambil rute Surabaya-Sidoarjo-Surabaya. Karena saat itu masih pandemi format acara disesuaikan. Tidak ada kerumunan, start dibagi menjadi beberapa kloter, dan makanan langsung dibawa pulang.

“Untuk FSR keenam tahun depan kami inginnya mengambil start dari kota lain. Bisa ke Kediri, Madiun. Para peserta cenderung menyukai rute-rute flat. Ini juga menjadi ajang silaturahmi bagi teman-teman sesama komunitas,” lanjut Lia.

Peserta FSR ini datang dari berbagai komunitas. Beberapa pejabat eksekutif dan legislatif di Surabaya yang selama ini tergabung dalam komunitas road bike Becak Taman Surya juga terlihat ikut gowes. Di antaranya Irvan Widyanto (asisten II sekkota), Ridwan Mubarun (kepala BPBD Linmas Surabaya), dan Reni Astuti (wakil ketua DPRD Surabaya).(mainsepeda)

Foto: Instagram @irvan_mbecak


COMMENTS