UEA Team Emirates mendapatkan mesin turbo baru untuk mendukung Tadej Pogacar. Mereka berhasil merekrut Adam Yates dari Ineos Grenadiers. Kontrak Yates di Ineos Grenadiers habis pada akhir musim ini. Selanjutnya, ia menjadi bagian dari UEA Team Emirates mulai 2023 hingga 2025 mendatang.

Spekulasi tentang kepindahan Yates ke UEA Team Emirates bermunculan dalam sepekan terakhir. Kabar itu menjadi kenyataan pada Selasa, 20 September 2022. Setelah dua musim di Ineos Grenadiers dan meraih dua gelar overall, Yates akhirnya pergi dari tim mapan asal Inggris itu.

"Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan UEA Team Emirates. Saya telah melihat pertumbuhan tim ini selama bertahun-tahun. Kesempatan untuk bergabung adalah salah satu tim terbaik di dunia ini, tidak dapat saya tolak," ungkap Yates dalam keterangan resminya.

UAE Team Emirates akan menjadi tim ketiga bagi Yates. Sebelumnya, pembalap 30 tahun tersebut memperkuat tim Mitchelton-Scott (sekarang BikeExchange–Jayco) selama tujuh tahun. Bersama Ineos Grenadiers, Yates mendapat dua gelar juara overall di Volta a Catalunya 2021 dan 2022.

Ia juga tampil di La Vuelta a Espana 2021 dan finis kempat di ajang itu. Lalu, menyusul cedera Egan Bernal, Yates diplot berlaga di Tour de France 2022. Hasilnya, ia bertengger di posisi kesembilan di General Classification (GC). Sekarang Yates akan bekerja di UAE Team Emirates untuk menyukseskan Pogacar

"Saya merasa bahwa telah memasuki tahun-tahun dalam karier sebagai pembalap. Tim akan mengeluarkan yang terbaik dari saya. Saya berharap bisa membalap dengan banyak pebalap top dunia dan berkontribusi untuk menjadikan tim ini nomor satu di dunia," terangnya.

Sementara itu, CEO UAE Team Emirates Mauro Gianetti mengatakan, konsistensi Yates menjadi sesuatu yang menarik perhatian tim. "Kita semua tahu Adam adalah pembalap yang hebat. Kami percaya bahwa ia akan cocok untuk tim ini. Kami akan terus memperkuat tim ini untuk tahun-tahun mendatang," ucap Gianetti. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108

Foto: Getty Images


COMMENTS