Jumbo Supermarket, sponsor tim Jumbo-Visma, tengah tertimpa masalah. CEO Jumbo Supermarket, Frits van Eerd digerebek di rumahnya pada Selasa, 13 September lalu. Ia diduga terlibat dalam berbagai penipuan dan kasus pencucian uang. Saat ini, Van Eerd sedang diselidiki oleh pihak berwajib.

Pada Selasa lalu rumah Van Eerd digerebek oleh Badan Intelijen dan Investigasi Fiskal (FIOD) yang bekerja sama dengan Kantor Kejaksaan Fungsional dan Kantor Kejaksaan Negeri Belanda Utara. Beberapa penangkapan dilakukan di berbagai lokasi di seluruh Belanda sehubungan dengan kasus tersebut. Belum jelas apakah Van Eerd termasuk salah satu orang yang ditangkap dalam penggerebekan itu.

Menurut laporan Harian Algemeen Dagblad (AD), Van Eerd diduga terlibat dalam penyelidikan pencucian uang skala besar. Meliputi perdagangan mobil dan kontrak sponsor dalam olahraga motocross. Selain mendukung balap sepeda, Jumbo Supermarket juga mensponsori olahraga bermotor.

"Pencucian uang ini dilakukan melalui transaksi real estat, perdagangan mobil, setoran tunai yang tidak dapat dijelaskan, dan kontrak sponsor motorcross. Selain itu, ada dugaan penipuan pajak dalam perdagangan mobil," bunyi pernyataan resmi Kejaksaan Negeri Belanda Utara.

Sementara itu, pihak Jumbo Supermarket memilih menjauhkan diri atas kasus yang menimpa pemimpinnya. "Kami memahami bahwa penyelidikan tidak fokus pada Jumbo. Namun, pertanyaan diajukan kepada Frits van Eerd dalam konteks penyelidikan," bunyi pernyataan resmi Jumbo seperti yang dilansir Wielerflits. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 108

Foto: Getty Images


COMMENTS