Juara Dunia Esport Menang, Evenepoel Kuasai Jersey Merah


Dalam guyuran hujan di Cantabria, Jay Vine (Alpecin-Deceuninck) nanjak sendirian memembus kabut untuk meraih kemenangan di Etape 6 La Vuelta a Espana 2022. Sementara jersey merah kini dikuasai pembalap asal Belgia Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl).

Tahapan ini merupakan mountain stage pertama di La Vuelta musim ini. Para pembalap harus melahap rute sejauh 181,2 kilometer dari Bilbao ke puncak Ascensión al Pico Jano. San Miguel de Aguayo. Inilah tanjakan Kategori 1 sepanjang 12,6 kilometer dengan gradien rata-rata 6,7 kilometer.

Perjalanan para pembalap makin sulit karena mereka harus melaju di bawah guyuran hujan. Mark Padun (EF Education-EasyPost) sempat memimpin usai melancarkan manuver tunggal di sisa 40 kilometer. Namun Vine berhasil menangkapnya di 6,5 kilometer menuju finis.

Setelah itu Vine melancarkan serangan solo di sisa lima kilometer. Ia benar-benar tidak terkejar. Pemenang UCI Cycling Esports World Championships 2022 ini mencapai finis dengan catatan waktu 4 jam 38 menit. Evenepoel dan Enric Mas (Movistar) finis kedua dan ketiga di tahapan ini.

"Saya masih menggunakan Zwift untuk mempersiapkan balapan. Sebab saya sedikit lembek," canda Vine usai finis. "Jika cuaca seperti ini ketika saya berada di rumah di Andorra, saya tidak akan gowes di luar ruangan. Saya masih menggunakan Zwift untuk mempersiapkan balapan penting," aku Vine.

Bagi Vine, ini adalah kemenangan profesional perdananya. Sekaligus yang pertama di level World Tour. Selama ini pembalap 26 tahun asal Australia tersebut lebih banyak berperan sebagai domestique di Alpecin-Deceuninck. Ia memang pernah naik podium di La Vuelta 2021. Namun Vine hanya menempati posisi tiga.

Sementara itu, pemuncak tabel General Classification (GC) berubah lagi. Kali ini giliran Remco Evenepoel yang berjaya. Pembalap muda Belgia itu melesat delapan tingkat ke posisi pertama. Sekaligus mengamankan jersey merah sebagai simbol penguasa lomba.

"Saya pikir apa yang saya capai hari ini sama indahnya dengan kemenangan saya di Liège. Mendapatkan jersey leader GC pertama saya di Grand Tour adalah perasaan yang luar biasa. Meskipun saya tidak memenangkan etape ini, tapi saya merasa bahagia," ungkap pembalap 22 tahun itu.

Evenepoel unggul 21 detik dari peringkat kedua Rudy Molard (Groupama-FDJ). Sementara Enric Mas (Movistar) menhuni posisi ketiga dengan selisih 28 detik. Sang juara bertahan, Primoz Roglic (Jumbo-Visma) bertahan di posisi kelima dengan gap lebih dari satu menit.

Selanjutnya, Etape 7 akan membawa para pembalap melaju sejauh 190 kilometer dari Camargo ke Cistierna. Puerto de San Glorio akan menjadi santapan utama di tahapan ini. Para pembalap harus nanjak sejauh 19.3 kilometer dengan gradien rata-rata 5,9 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 6 La Vuelta a Espana 2022 (Top Ten)
1. Jay Vine (Australia), Alpecin-Deceuninck 4 jam 38 menit
2. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl +15
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +16
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +55
5. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:37
6. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +1:37
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:37
8. Jai Hindley (Australia), Bora-Hansgrohe +1:37
9. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:37
10. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:37

General Classification usai 6 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Remco Evenepoel (Belgia), QuickStep Alpha Vinyl 20 jam 50 menit 7 detik
2. Rudy Molard (Prancis), Groupama-FDJ +21
3. Enric Mas (Spanyol), Movistar +28
4. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:01
5. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +1:12
6. Pavel Sivakov (Prancis), Ineos Grenadiers +1:27
7. Tao Geoghegan Hart (Inggris), Ineos Grenadiers +1:27
8. Carlos Rodríguez (Spanyol), Ineos Grenadiers +1:34
9. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +1:52
10. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates +1:54

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 106

Foto: Sprint Cycling Agency, Getty Images


COMMENTS