Pada saat banyak peserta Bentang Jawa 2022 baru finis, Dzaki Wardana sudah menjajal rute salah satu event paling kondang di Indonesia, Bromo KOM Challenge. Dzaki nanjak di Bromo pada Sabtu, 20 Agustus 2022. Dzaki mengaku siap membayar rasa penasaran dengan event nanjak paling heboh di Indonesia itu.

Dzaki merupakan pemenang Bentang Jawa 2021 dan 2022. Cyclist asal Tangerang itu tampil sangat tangguh pada tahun ini. Dzaki menuntaskan rute sepanjang 1.479,5 kilometer dengan catatan waktu 87 jam. Jauh lebih baik daripada catatan waktunya di Bentang Jawa 2021, yakni 104 jam 36 menit.

Dzaki finis di Hotel Blambangan, Banyuwangi pada Rabu, 17 Agustus 2022. Dzaki seharusnya mengikuti event trail run yang berlangsung di Jember pada akhir pekan ini. Namun karena terkendala masalah perlengkapan ia mengurungkan niat untuk ke Jember.

Sebagai gantinya, Dzaki memilih mencicipi rute Bromo KOM. Dzaki start dari penginapannya di TS Suites Hotel pada Sabtu, 20 Agustus pagi-pagi. Ia ditemani sejumlah cyclist Surabaya. Dzaki menuju GOR Untung Suropati di Kota Pasuruan. Rupanya ia sudah ditunggu oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki.

Kemudian Dzaki, Ismail, beserta sejumlah cyclist dari Kota Pasuruan gowes bareng ke Wonokitri, Bromo. Dzaki sempat berhenti selama 40 menit di Puncak Seven untuk regrouping. Setelah itu perjalanan berlanjut kembali hingga mencapai Pendopo Agung Wonokitri yang selama ini menjadi lokasi finis Bromo KOM.

"Saat 15 kilometer pertama, saya nanjak halus dengan gradien sekitar enam persen. Setelah mencapai Puncak Seven baru di atas sepuluh persen," cerita Dzaki.

Melalui rute Bromo KOM menjadi pengalaman baru untuknya. Dzaki memang nanjak ke Bromo ketika mengikuti Bentang Jawa 2022. Namun ia nanjak via Jemplang, Malang. "Jauh lebih enak lewat sini daripada lewat Malang. Saya suka rutenya. Jalanan halus banget," ungkap alumnus Universitas Islam Indonesia (UII) itu.

Setelah menjajal rute Bromo KOM, Dzaki menyatakan siap bersaing di Bromo KOM Challenge 2023. Kendurinya cyclist di Indonesia ini akan dihelat Mei tahun depan. "Saya latihan dulu. Soalnya tadi agak kewer juga. HR juga sempat tinggi sekali. Sebab belum recovery," bilang Dzaki. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 105

Foto: Dokumentasi Dzaki Wardana


COMMENTS