Tour de France Femmes 2022 berakhir pada Minggu, 31 Juli 2022. Event balap yang berlangsung dalam delapan etape itu dimenangkan oleh rider asal Belanda, Annemiek van Vleuten (Movistar). Tidak hanya merebut yellow jersey, pembalap asal Belanda lainnya juga mendominasi green jersey, polkadot jersey, hingga white jersey.

Tour de France Femmes 2022 merupakan edisi perdana dari balapan yang diselenggarakan oleh Amaury Sport Organization (ASO) itu. Tour de France Femmes 2022 menempuh total jarak 1.033,6 kilometer selama delapan hari pada 24-31 Juli. Dimulai dari Paris dan berakhir di puncak La Super Planche des Belles Filles.

Van Vleuten menahbiskan diri sebagai yang terbaik setelah delapan hari berlomba. Pembalap asal Belanda ini memuncaki General Classification (GC) usai memenangi Etape 7 pada Sabtu, 30 Juli 2022. Kemudian berhasil mempertahankan posisinya dengan menjadi yang terbaik di Etape 8 pada Minggu.

"Ini adalah mimpi yang menjadi kenyataan. Menang dengan mengenakan yellow jersey di puncak La Super Planche des Belles Filles. Itu bukan etape yang mudah. Serta bukan pekan yang mudah pula. Tapi saya berhasil meraih yellow jersey dengan cara terbaik," tegasnya.

Dalam klasemen overall itu, Van Vleuten unggul hampir empat menit dari rekan sesama pembalap asal Belanda, Demi Vollering (SD Worx). Sementara tempat ketiga dihuni pembalap tim Canyon-SRAM asal Polandia Katarzyna Niewiadoma. Dia terpaut lebih dari enam menit dari Van Vleuten.

"Saya sangat bangga menjadi pemenang pertama Tour de France Femmes 2022. Serta menjadi pembalap pertama yang memenangkannya dalam versi baru ini. Saya berharap ini adalah awal yang besar dan kami dapat membangun balapan ini menjadi acara yang lebih besar bagi para wanita," bilangnya.

ASO memang berulang kali mengubah nama sekaligus format Tour de France untuk pembalap wanita. Mereka pernah mengusung nama La Course by Le Tour de France pada 2014 hingga 2021. Event ini mengusung format one day race.

Kemudian ASO mengubah formatnya menjadi balapan etape mulai 2022. Namanya pun berubah menjadi Tour de France Femmes. "Saya pikir ini adalah tonggak sejarah. Saya merasa senang bisa menjadi pemenang pertama," sebut juara dunia 2019 itu.

Sementara itu, Van Vleuten bukan satu-satunya pembalap asal Belanda yang berjaya di edisi pertama Tour de France Femmes. Pembalap Belanda lainnya, Marianne Vos (Jumbo-Visma) berhasil merebut green jersey serta Combativity Award.

Demi Vollering (SD Worx) menggondol polkadot jersey selepas memuncaki Mountains Classification. Sedangkan Shirin van Anrooij (Trek–Segafredo) memuncaki Young Riders Classification dan berhak atas jersey putih. (mainsepeda)

Finas General Classification (Top Ten)
1. Annemiek van Vleuten (Belanda), Movistar 26 jam 55 menit 44 detik
2. Demi Vollering (Belanda), SD Worx +3:48
3. Katarzyna Niewiadoma (Polandia), Canyon–SRAM +6:35
4. Juliette Labous (Prancis), Team DSM +7:28
5. Silvia Persico (Italia), Valcar–Travel & Service +8:00
6. Elisa Longo Borghini (Italia), Trek–Segafredo +8:26
7. Cecilie Uttrup Ludwig (Denmark), FDJ Suez Futuroscope +8:59
8. Evita Muzic (Prancis), FDJ Suez Futuroscope +13:54
9. Veronica Ewers (Amerika Serikat), EF Education–EasyPost +15:05
10. Mavi García (Spanyol), UAE Team ADQ +15:15

Points Classification
Marianne Vos (Jumbo-Visma)

Mountains Classification
Demi Vollering (SD Worx)

Young Riders Classification
Shirin van Anrooij (Trek–Segafredo)

Teams Classification
Canyon–SRAM

Combativity Award
Marianne Vos (Jumbo-Visma)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 101

Foto: ASO


COMMENTS