Zaenal Fanani Pertahankan Tahta di XCO


Zaenal Fanani mempertegas statusnya sebagai yang terbaik di nomor Cross-country Olympic (XCO). Pembalap asal Lumajang, Jawa Timur (Jatim) itu memenangi nomor ini dalam Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Balap Sepeda 2022 di Banyuwangi.

Balapan XCO berlangsung di sirkuit sepanjang 3 kilometer. Para pembalap yang berlaga di nomor Men Elite harus mengitari rute ini selama lima lap. Fanani menjadi pemenang setelah finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 39 menit 33 detik.

Peraih medali emas di SEA Games 2021 itu mengungguli rekannya sesama pembalap Jatim, Ihza Muhammad. Ihza finis kedua dengan catatan waktu 1 jam 43 menit 34 detik. Sementara posisi ketiga dihuni Muhammad Maydanil asa; Sumatera Selatan (Sumsel).

Kondisi track yang basah, licin, dan berlumpur menjadi tantangan tersendiri bagi para peserta. Mereka harus berulang kali berhenti untuk membersihkan ban agar melaju dengan maksimal. "Track-nya memang licin, jadi harus berusaha maksimal," ucap Fanani selepas lomba.

Medan yang sulit tidak membuat Fanani patah arang. Sebaliknya, ia justru tertantang untuk mempertahankan gelar juara yang diraih pada tahun lalu. "Apa pun kondisinya namanya balapan harus diselesaikan. Karena dalam kejuaraan Internasional pun banyak track yang lebih sulit," ungkap Fanani.

Sementara itu, kategori Men U23 XCO juga menjadi milik pembalap asal Jatim, Elsa Dwi Hertanto. Elsa menjadi juara setelah mencatatkan waktu terbaik 1 jam 58 menit 59 detik. Ahmad Syauqi dan Cakra Husam Abdillah asal Jawa Barat finis kedua dan ketiga. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 99

Foto: Rendra Kurnia


COMMENTS