Roglic Out dari Tour de France 2022


Berakhir sudah perjalanan Primoz Roglic di Tour de France 2022. Leader tim Jumbo-Visma itu memutuskan out sebelum dimulainya Etape 15 pada Minggu, 17 Juli 20022. Roglic terpaksa menarik diri dari Prancis lantaran menderita cedera usai celaka di Etape 5 lalu.

Keputusan Roglic untuk angkat kaki diumumkan oleh akun media sosial Jumbo-Visma sebelum start Etape 15. Salah satu kandidat juara Tour de France 2022 itu mengalami kemunduran sejak jatuh di Etape 5. Roglic memang masih bisa meneruskan balapan. Tapi insiden itu merebut kehebatannya di peloton.

"Bayangkan setiap pukulan pedal yang saya lakukan, saya seakan memiliki pisau di punggung saya. Ketika Anda cedera, Anda tidak pernah tahu apa yang diharapkan pada hari-hari berikutnya. Jadi saya harus menjalaninya hari demi hari, lalu melihat perkembangannya," bilang rider asal Slovenia itu.

Setelah insiden tersebut, Roglic terlempar dari sepuluh besar di klasemen overall. Ia juga bukan lagi salah satu rider terkuat di tanjakan. Meski demikian, Roglic masih bisa berbuat sesuatu untuk Jumbo-Visma. Salah satunya ialah membawa Jonas Vingegaard ke puncak General Classification (GC) usai memenangi Etape 11.

"Saya bangga dengan kontribusi saya di klasemen overall saat ini. Saya percaya bahwa tim Jumbo-Visma dapat mewujudkan ambisi meraih jersey kuning sekaligus jersey hijau. Terima kasih kepada semua orang atas support Anda yang luar biasa," bilang Roglic dalam keterangan resminya.

Masalah yang menimpanya tahun ini seakan melanjutkan kutukan yang menimpa Roglic di tiga edisi terakhir Tour de France. Ia gagal juara setelah kalah di Etape 20 Tour de France 2020. Lalu ia harus out lebih awal lantaran mengalami kecelakaan di Tour de France 2021. Kini kecelakaan di awal lomba membuatnya keluar dari Tour de France 2022.

"Primoz adalah seorang petarung. Kami tahu itu dari dulu. Ia berusaha berjuang meski menahan rasa sakit di punggung. Itulah Primoz. Ia petarung besar di tim kami," sanjung manajer tim Jumbo-Visma, Richard Plugge. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS