Pedersen Menang, Vingegaard Pertahankan Yellow Jersey


Pembalap breakaway kembali menguasai podium Tour de France 2022. Kali ini giliran pembalap Trek-Segafredo, Mads Pedersen yang melakukannya. Juara dunia 2019 berjaya di Etape 13 pada Jumat, 15 Juli 2022. Ia unggul atas Fred Wright (Bahrain Victorious) dan Hugo Houle (Israel-Premier Tech).

Etape 13 seakan menjadi masa istirahat bagi para climber. Maklum, selama dua hari berturut-turut, Etape 11 dan Etape 12, mereka dihajar di etape pegunungan. Serta harus melahap sejumlah tanjakan Hord Categorie (HC). Termasuk Alpe d'Huez yang kondang itu.

Panggung ini membawa pembalap melaju dari Bourg d'Oisans menuju Saint-Etienne dengan panjang rute 192,6 kilometer. Pedersen beraksi di 50 kilometer setelah start. Ketika ia berhasil mengejar Stefan Küng (Groupama-FDJ), Filippo Ganna (Ineos Grenadiers), dan Matteo Jorgenson (Movistar) yang terlebih dulu melakukan breakaway.

Pedersen tak sendirian. Ada Fred Wright (Bahrain Victorious), Quinn Simmons (Trek-Segafredo), dan Hugo Houle (Israel-PremierTech) yang ikut bersamanya. Ketujuh pembalap ini melakukan breakaway di 142 kilometer menuju finis.

Setelah Simmons tercecer di sisa 40 kilometer, enam pembalap tersisa baru terpecah di sepuluh kilometer terakhir. Pedersen memisahkan diri dengan Houle dan Wright. Lalu mereka saling beradu sprint di kilometer terakhir. Pedersen lah pemenangnya. Ia mencatatkan waktu 4 jam 13 menit 3 detik. Wright dan Houle finis kedua dan ketiga.

Betapa bahagianya Pedersen. Sebab, inilah kemenangan perdananya dari tiga kali partisipasi di Tour de France. Pedersen sekaligus menjadi pembalap asal Denmark ke-15 yang berhasil merebut kemenangan etape di event sepeda paling akbar di dunia tersebut.

"Saya bekerja keras pada musim ini untuk menjadi yang terbaik.Terutama karena Tour de France tahun ini start di Denmark. Saya tidak meraih kemenangan di Denmark seperti yang saya impikan. Tapi sekarang kemenangan itu ada di sini," ucap Pedersen usai lomba.

Hebatnya lagi, kemenangan Pedersen di Etape 13 menggambarkan betapa hebatnya pembalap Denmark di Tour de France musim ini. Sebelumnya ada Magnus Cort Nielsen (EF Education–EasyPost) yang memenangi Etape 10. Kemudian Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) yang berjaya di Etape 11 sekaligus meraih yellow jersey.

"Ini benar-benar luar biasa untuk semua orang Denmark. Kami meraih tiga kemenangan etape, jadi itu sangat bagus. Saya senang untuk Mads atas kemenangannya di etape ini. Kemenangan perdana di Tour de France adalah hari yang besar untuknya," sanjung Vingegaard.

Hasil Etape 13 tidak berdampak signifikan ke posisi pembalap di sepuluh besar General Clasification. Vingegaard masih berada di puncak dan berhak mengenakan yellow jersey. Sementara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) dan Geraint Thomas (Ineos Grenadiers) di posisi kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari dua menit.

Selanjutnya, peloton bergerak dari Saint-Étienne menuju Mende di Etape 14. Panjang rutenya 192,5 kilometer. Peloton harus menghadapi empat tanjakan Kategori 3. Lalu mendaki Cote de la Croix Neuve untuk mencapai garis finis. Ini adalah tanjakan Kategori 2 sepanjang 2,9 kilometer dengan gradien rata0rata 10,4 persen. (mainsepeda)

Hasil Etape 13 Tour de France 2022 (Top Ten)
1. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo 4 jam 13 menit 3 detik
2. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +0
3. Hugo Houle (Canada), Israel-Premier Tech +0
4. Stefan Küng (Swiss), Groupama-FDJ +30
5. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar +30
6. Filippo Ganna (Italia), Ineos Grenadiers +32
7. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma +5:45
8. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +5:45
9. Luca Mozzato (Italia), B&B Hotels-KTM +5:45
10. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +5:45

General Classification usai 13 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma 50 jam 47 menit 34 detik
2. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +2:22
3. Geraint Thomas (Wales), Ineos Grenadiers +2:26
4. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +2:35
5. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +3:44
6. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +3:58
7. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +4:07
8. Tom Pidcock (Inggris), Ineos Grenadiers +7:39
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +9:32
10. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +10:06

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 98

Foto: Getty Images


COMMENTS