QuickStep Alpha Vinyl telah mengumumkan skuad yang akan diturunkan di Tour de France 2022. Tim asal Belgia ini tidak menyertakan Mark Cavendish dan juara dunia Julian Alaphilippe. Sebagai gantinya, mereka membangun tim untuk mendukung Fabio Jakobsen merebut jersey hijau di ajang ini.

Keputusan QuickStep mencoret Cavendish memang tidak mengejutkan. Sejak awal tim ini memang lebih condong ke Jakobsen. Apalagi sprinter asal Belanda itu juga merebut jersey hijau di La Vuelta a Espana 2021. Selain itu, Cavendish sudah turun di Giro d'Italia 2022. Akan tetapi, ia gagal meraih maglia ciclamino di ajang ini.

Untuk mendukung Jakobsen meraih jersey hijau, QuickStep menurunkan Andrea Bagioli, Mattia Cattaneo, Mikkel Honore, Tim Declercq, Kasper Asgreen, Yves Lampaert, dan Michael Morkov. Tiga nama terakhir diplot sebagai pengawal Jakobsen saat sprint.

"Kami memiliki pebalap yang dapat mendukung Fabio. Kami juga punya pembalap yang bisa nanjak, dan yang dapat berbuat sesuatu di breakaway," terang Directeur Sportif QuickStep Alpha Vinyl Tom Steels dalam laman resmi tim. 

Meski demikian, bukan berarti peluang Cavendish suddah tertutup. Pembalap 37 tahun ini masuk dalam daftar pemain cadangan. Ia siap untuk melakukan perjalanan ke Kopenhagen, Denmark jika diperlukan. Juara nasional Prancis 2022, Florian Sénéchal juga termasuk pembalap cadangan lainnya.

Sementara itu, Alaphilippe seharusnya ada dalam skuad Tour de France tahun ini. Hanya saja, juara dunia 2020 dan 2021 itu kesulitan untuk menemukan performa yang dibutuhkan untuk membalap di Grand Tour. Pembalap asal Prancis ini belum pulih setelah kecelakaan di Liège-Bastogne-Liège.

"Saya kecewa tidak berada di Tour de France tahun ini. Kehilangan kans untuk mengenakan jersey pelangi di negara asal saya, sangat menyedihkan bagi saya. Sekarang saya akan fokus untuk kembali ke bentuk terbaik/. Sebab saya termotivasi untuk melakukan yang terbaik di paruh kedua musim ini," tegasnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 94

Foto: Getty Images


COMMENTS