Richard Carapaz langsung pulang kampung ke Ekuador setelah gagal menjuarai Giro d'Italia 2022. Anggota tim Ineos Grenadiers tersebut akan melewatkan Tour de France 2022 yang akan dimulai pada 1 Juli nanti. Sebagai gantinya, Carapaz bakal mempersiapkan diri menuju La Vuellta a Espana 2022 pada pertengahan Agustus nanti.

Sebagai pemenang Giro 2019, Carapaz dijagokan untuk mengulang kemenangannya pada tahun ini. Sayangnya, gelar juara Giro 2022 gagal dirain. Carapaz secara tragis kehilangan maglia rosa (jersey pink) di Etape 20. Ia dikalahkan pembalap asal Australia, Jai Hindley (Bora-Hansgrohe).

Carapaz kembali ke Ekuador usai kekalahannya di Italia itu. Ia akan beristirahat sejenak sebelum kembali berlatih di ketinggian di Ekuador. "Itu Giro yang cukup kompetitif, dan saya cukup konsisten. Beberapa hari saya lebih baik dari yang lain, tetapi selalu ada keinginan 100 persen untuk menang," tegas Carapaz.

"Saya pikir penampilan saya mewakili sesuatu yang cukup besar. Di tingkat dunia ada empat atau lima pembalap unggulan di Grand Tour, dan saya termasuk di antaranya. Kebanggaan terbesar saya adalah saya bisa menjadi yang terbaik," imbuhnya dilansir Cyclingnews.

Tidak ada Tour de France dalam daftar agenda balapnya setelah ini. Dengan belum pulihnya Egan Bernal dari cedera, Ineos Grenadiers diperkirakan akan menunjuk Adam Yates dan Dani Martinez sebagai pemimpin tim di Prancis. Mereka diperkirakan bakal memasukkan Tom Pidcock, Ethan Hayter, Filippo Ganna, dan Geraint Thomas.

Sedangkan Carapaz akan fokus ke Vuelta. Ia akan bersaing dengan Tadej Pogacar (UAE Team Emirates), Primoz Roglic (Jumbo-Visma), dan Remco Evenepoel (QuickStep Alpha Vinyl) di Spanyol. Vuelta a Espana 2022 dimulai di Utrecht di Belanda pada 19 Agustus mendatang. Kemudian berakhir pada 11 September di Madrid.

"Itulah tujuan utamanya. Sebelumnya. mungkin saja saya tampil di balapan satu pekan seperti Tour de Pologne. Kemudian musim saya akan berakhir dengan beberapa balapan klasik," kata Carapaz. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 89

Foto: Getty Images


COMMENTS