Van der Poel Juara, Pogacar Gigit Jari


Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) berjaya di Tour of Flanders 2022, Minggu (3/4). Pembalap asal Belanda itu menjadi yang terbaik setelah sukses membikin Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) gigit jari. Ini adalah gelar kedua Van der Poel di lomba terbesar di Belgia tersebut.

Tidak ada Wout van Aert (Jumbo-Visma) di Tour of Flanders musim ini. Ia terpaksa absen karena positif Covid-19. Sebagai gantinya, Jumbo-Visma mengandalkan Christophe Laporte. Tapi Laporte tak dapat berbuat banyak meski berhasil finis di sepuluh besar.

Absennya Van Aert membuat duel Van der Poel kontra Pogacar diharapkan menjadi bumbu utama di Tour of Flanders 2022. Benar saja, kedua superstar itu menguasai peloton sejak 18 kilometer menjelang finis. Bahkan, mereka bersama-sama memasuki kilometer pemungkas.

Drama terjadi di 200 meter menjelang finis. Saat Van der Poel dan Pogacar bersiap sprint, tiba-tiba Dylan van Baarle (Ineos Grenadiers) dan Valentin Madouas (Groupama-FDJ) coba mengejar. Setelah menutup ruang sprint Pogacar, keduanya berusaha menjangkau Van der Poel.

Namun, Van der Poel berhasil menyelesaikan tugasnya dengan sempurna. Iamenuntaskan Tour of Flanders 2022 dengan finis pertama. Van Baarle dan Madouas bertengger di posisi kedua dan ketiga. Sementara Pogacar harus puas di peringkat keempat.

"Luar biasa. Saya telah bekerja sangat keras untuk memenangi balapan satu ini. Semula saya tidak yakin dapat bersaing di balapan klasik. Jadi, bisa memenanginya adalah sesuatu yang luar biasa," terang Van der Poel seusai lomba.

Van der Poel menyelesaikan lomba sepanjang 272,5 kilometer ini dengan catatan waktu 6 jam 18 menit 30 detik. Ini adalah kemenangan keduanya di Tour of Flanders. Ia kali pertama menjuarai ajang ini setelah menang photo finish atas Van Aert pada musim 2020.

Pembalap 26 tahun tersebut sejatinya berpeluang hat-trick juara di ajang ini. Sayang ia kehilangan gelar juara di Tour of Flanders 2021 akibat kalah sprint dari Kasper Asgreen (QuickStep Alpha Vinyl). Secara khusus, Van der Poel memberi acungan jempol kepada Pogacar atas perlawanan di Tour of Flanders 2022.

"Tadej mungkin yang terkuat dalam balapan dan ia membalap dengan ofensif. Saya akan bertepuk tangan jika ia menang atau finis di podium. Mungkin ia hanya perlu sprint di sini beberapa kali lagi untuk melakukannya dengan benar," sebut Van der Poel.

Sementara itu, ekspresi kekecewaan Pogacar tergambar di garis finis. Ia sekaan protes dengan mengangkat tangan di sisa 100 meter. Dalam wawancara selepas balapan, Pogacar sangat kecewa karena tidak dapat melakukan sprint. Sebab ruang geraknya ditutup Van Baarle dan Madouas.

"Beberapa kali Anda terjebak dan terkadang Anda memiliki jalan sendiri. Saya bahkan tidak marah tentang hal itu kepada siapa pun. Mungkin terlihat seperti itu, tetapi saya frustrasi dengan diri saya sendiri karena tidak bisa sprint di 100 meter terakhir hingga finis," akunya.

UAE Team Emirates sempat mendatangi juri dan melakukan protes. Mereka mencurigai kemungkinan kesalahan dalam sprint setelah Pogacar gagal naik podium. Namun usaha mereka sia-sia. "Juri menganggap itu sprint biasa. Jadi saya tidak bisa mengeluh," ucap Fabio Baldato, Directeur Sportif UAE Team Emirates.

Gagal juara dalam debutnya di Tour of Flanders tidak membuat Pogacar kapok. Sebaliknya, ia justru ketagihan membalap di event ini. "Secara keseluruhan itu adalah pengalaman yang luar biasa. Itu adalah balapan yang sangat menakjubkan," ungkap Pogacar. (mainsepeda)

Hasil Tour of Flanders 2022 (Big Ten)
1. Mathieu van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix 6 jam 18 menit 30 detik
2. Dylan van Baarle (Belanda), Ineos Grenadiers +0
3. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +0
4. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +0
5. Stefan Kung, (Swiss), Groupama-FDJ +2
6. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +2
7. Fred Wright (Inggris), Bahrain Victorious +11
8. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +48
9. Christophe Laporte (Prancis), Jumbo-Visma +48
10. Alexander Kristoff (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +48

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 79

Foto: Getty Images, Sprint Cycling Agency


COMMENTS