Nairo Quintana (Arkea-Samsic) tak bertahan lama di puncak General Classification (GC) Volta a Catalunya 2022. Rider asal Kolombia itu dikudeta Joao Almeida (UAE Team Emirates) setelah berakhirnya Etape 5, Jumat (25/3). Sementara itu, tahapan ini dimenangkan sprinter Ethan Vernon (QuickStep Alpha Vinyl).

Quintana naik ke puncak GC setelah Etape 4. Mantan member tim Movistar itu berharap bisa mempertahankan posisinya hingga tahapan pemungkas, Minggu (27/3). Akan tetapi, baru sehari memimpin, Quintana langsung terkudeta oleh Almeida.

Quintana tergusur selepas finis ke-32 di Etape 5. Sementara Almeida berada di peringkat 25. Hasil balapan ini mengantarkan Almeida ke puncak klasemen overall. Ia cuma terpaut satu detik dari Quintana. Dalam wawancara seusai Etape 5, Quintana mengakui bahwa ia tidak cukup piawai untuk sprint.

"Seperti yang kami katakan sebelum etape ini dimulai bahwa tidak mudah berada di waktu yang sama dengan Almeida. Ternyata ia lebih cepat di etape ini," terang Quintana seusai balapan.

"Saya memiliki sedikit pengalaman dalam sprint. Saya masih berada di peringkat kedua di klasemen overall plus selisih satu detik. Itu berarti mereka harus bekerja lagi di etape selanjutnya dan kami bisa menyerang lagi," kata pemilik gelar juara Giro d'Italia dan La Vuelta a Espana itu.

Quintana kini tergusur ke peringkat kedua di klasemen overall

Sementara itu, Etape 5 menjadi milik Ethan Vernon. Pembalap asal Inggris itu menuntaskan balapan ini dengan catatan waktu 5 jam 21 menit 17 detik. Etape 5 berlangsung dari La Pobla de Segur menuju Vilanova i la GeltrĂș. Panjang rutenya 206,3 kilometer.

Tahapan ini berakhir dengan adu kecepatan para sprinter. Vernon menjadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis. Ia mengungguli Phil Bauhaus (Bahrain Victorious) dan Dorian Godon (AG2R Citroen). Ini adalah kemenangan perdana pembalap 21 tahun itu di ajang WorldTour.

"Saya tidak akan menang tanpa rekan tim di QuickStep. Mereka yang menempatkan syaa di posisi yang bagus di kilometer terakhir," kata Vernon.

Vernon sebenarnya memiliki kesempatan finis pertama di Etape 2 lalu. Namun ia dipaksa puas di posisi keempat. "Saya hampir melakukannya Etape 2. Jadi saya sudah tahu apa yang harus dilakukan untuk memperbaikinya. Saya mengulanginya di etape ini dan itu berjalan dengan sempurna," terang Vernon.

Selanjutnya, Etape 6 akan berlangsung dari Salou menuju Cambrils. Panjang rutenya 168,6 kilometer. Pembalap harus nanjak di Coll de les Llebres Mussara, tanjakan Kategori 1 sepanjang 10,5 kilometer dengan gradien enam persen. Setelah nanjak di Coll de la Teixeta, mereka melalui turunan hingga mencapai garis finis. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Volta a Catalunya 2022 (Top Ten)
1. Ethan Vernon (Inggris), QuickStep Alpha Vinyl 5 jam 21 menit 17 detik
2. Phil Bauhaus (Jerman), Bahrain Victorious +0
3. Dorian Godon (Prancis), AG2R Citroen +0
4. Guillaume Boivin (Kanada), Israel-Premier Tech +0
5. Kaden Groves (Australia), BikeExchange-Jayco +0
6. Martin Laas (Estonia) Bora-Hansgrohe +0
7. Manuel Aniorte (Spanyol), Burgos-BH +0
8. Ivo Oliveira (Portugal), UAE Team Emirates +0
9. Hugo Hofstetter (Prancis), Arkea-Samsic +0
10. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +0

General Classification usai 5 etape dari 7 etape (Top Ten)
1. Joao Almeida (Portugal), UAE Team Emirates 22 jam 26 menit 9 detik
2. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +1
3. Sergio Higuita (Kolombia), Bora-Hansgrohe +7
4. Juan Ayuso (Spanyol), UAE Team Emirates +18
5. Wout Poels (Belanda), Bahrain Victorious +18
6. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroen +18
7. Tobias Johannessen (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +21
8. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +24
9. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +27
10. Torstein Tren (Norwegia), Uno-X Pro Cycling Team +35

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 78

Foto: Getty Images


COMMENTS