McNulty Menang, Roglic Kudeta Van Aert


Etape 5 Paris–Nice 2022 menjadi milik Brandon McNulty (UAE Team Emirates). Pembalap asal Amerika Serikat ini menang setelah melakukan breakaway sejak start. Hasil etape juga mengantarkan Primoz Roglic ke puncak General Classification (GC). Ia menggusur tempat rekan setimnya, Wout van Aert (Jumbo-Visma).

Etape 5 berlangsung di rute sepanjang 188,8 kilometer. Balapan dimulai dari Saint-Just-Saint-Rambert menuju Saint-Sauveur-de-Montagut. Etape ini menjadi penanda rute pegunungan di Paris–Nice 2022. Para pembalap dituntut menaklukkan tiga tanjakan Kategori 1 di tahapan ini.

Peloton sudah bergejolak sejak garis start dikibarkan. Sebanyak sepuluh pembalap membentuk grup terdepan di 12 kilometer awal. Kesepuluh pembalap itu adalah Ruben Fernandez (Cofidis), Laurent Pichon (Arkea-Samsic), Valentin Madouas (Groupama-FDJ), dan Michael Morkov (QuickStep Alpha Vinyl)

Kemudian ada Brandon McNulty, Matteo Jorgenson (Movistar), Harm Vanhoucke (Lotto Soudal), Owain Doull (EF Education-EasyPost), Anthony Turgis (TotalEnergies), dan Franck Bonnamour (B&B Hotels-KTM). Mereka meninggalkan peloton dengan gap lebih dari tujuh menit di sisa 50 kilometer.

McNulty mulai melancarkan aksinya di 38 kilometer menuju finis. Ketika satu per satu pembalap di kelompok breakaway tercecer, McNulty justru semakin menjauh. Ia benar-benar tak terkejar, hingga menjadi pembalap pertama yang melintasi garis finis.

Member UAE Team Emirates ini membukukan catatan waktu 4 jam 53 menit 30 detik. Bonnamour (B&B Hotels-KTM) dan Jorgenson (Movistar) menemparti  peringkat kedua dan ketiga. Keduanya terpaut gap hampir dua menit.

Ini adalah kemenangan kelima sepanjang karier pembalap asal Amerika Serikat tersebut. Juga yang pertama di ajang WorldTour. "Saya telah mengalami crash dan dalam kondisi tidak bagus. Saya sempat mempertimbangkan untuk tidak start hari ini. Jadi kemenangan ini luar biasa," katanya selepas balapan.

Primoz Roglic kini menjadi pemuncak General Classification

Hasil di etape ini berpengaruh besar ke komposisi pembalap di sepuluh besar klasemen overall. Roglic yang finis di posisi ke-23 di tahapan ini, langsung naik ke puncak GC. Ia menggusur Van Aert yang terpental ke peringkat 62. Sementara Simon Yates (BikeExchange) membayangi Roglic di posisi dua di GC.

Selanjutnya, Etape 6 akan menjadi tahapan terpanjang di Paris–Nice 2022. Panjang rutenya 213,6 kilometer. Peloton start dari Courthézon menuju Aubagne. Terdapat tiga tanjakan Kategori 2 dan dua tanjakan Kategori 3 yang harus dilibas para pembalap. (mainsepeda)

Hasil Etape 5 Paris–Nice 2022 (Top Ten)
1. Brandon McNulty (Amerika Serikat), UAE Team Emirates 4 jam 53 menit 30 detik
2. Franck Bonnamour (Prancis), B&B Hotels-KTM     +1:58
3. Matteo Jorgenson (Amerika Serikat), Movistar  +1:58
4. Harm Vanhoucke (Belgia), Lotto Soudal +2:30
5. Laurent Pichon (Prancis), Arkea-Samsic +4:01
6. Anthony Turgis (Prancis), TotalEnergies +4:02
7. Valentin Madouas (Prancis), Groupama-FDJ +4:57
8. Owain Doull (Inggris), EF Education-EasyPost     +4:57
9. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +5:43
10. Quentin Pacher (Prancis), Groupama-FDJ +5:43

General Classification usai 5 etape dari 8 etape (Top Ten)
1. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma 16 jam 50 menit 28 detik
2. Simon Yates (Inggris), BikeExchange-Jayco +39
3. Pierre Latour (Prancis), TotalEnergies +41
4. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +56
5. Aleksandr Vlasov (Rusia), Bora-Hansgrohe +59
6. Adam Yates (Inggrris), Ineos Grenadiers +1:11
7. Soren Kragh Andersen (Denmark), Team DSM +1:26
8. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +1:35
9. Nairo Quintana (Kolombia), Arkea-Samsic +1:45
10. Ion Izagirre (Spanyol), Cofidis +2:01

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 76

Foto: Getty Images


COMMENTS