Bravo, Van Aert Juara setelah Solo Ride 13 Km!


Wout van Aert (Jumbo-Visma) mengawali musim 2022 dengan bergaya. Juara nasional Belgia tersebut menjuarai Omloop Het Nieuwsblad 2022, Sabtu (26/2) malam waktu Indonesia. Van Aert menang setelah solo ride di 13 kilometer pemungkas.

Omloop Het Nieuwsblad merupakan balapan klasik pertama di kalender WorldTour musim 2022. Peloton bertolak dari Ghent menuju Ninove dengan total jarak tempuh 204,2 kilometer. Selain menaklukkan 13 tanjakan pendek nan curam, para pembalap juga melewati tujuh sektor jalanan berbatu kasar (cobbled).

Balapan dibuka dengan aksi tujuh pembalap yang melakukan breakaway sejak sepuluh kilometer pertama. Mereka mendominasi di dua pertiga balapan. Situasi mulai berubah di sisa 30 kilometer saat lima pembalap, termasuk Va Aert, menyerang dari peloton.

Van Aert dikawal rekan setimnya Tiesj Benoot. Sonny Colbrelli (Bahrain - Victorious), serta duo Ineos Grenadiers Tom Pidcock dan Jhonatan Narvaez juga turut bermanuver. Mereka menyerang sebelum nanjak di Vossenhol.

Mereka berhasil menangkap grup pertama di sisa 25 kilometer. Satu per satu pembalap dari peloton besar pun merapat ke grup terdepan. Membuat kelompok ini membengkak menjadi lebih dari 20 pembalap di 15 kilometer menjelang finis.

Van Aert menunjukkan kapasitasnya sebagai unggulan teratas di Omloop Het Nieuwsblad 2022. Pembalap serba bisa milik tim Jumbo-Visma ini menyerang sendirian di sisa 13 kilometer.

Aksi solo ride Van Aert ini ternyata tak terkejar oleh pembalap lainnya. Ia dengan leluasa memasuki finis dengan catatan waktu 4 jam 50 menit 46 detik. Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) serta Greg Van Avermaet (AG2R Citroen) menyusul di peringkat kedua dan ketiga dengan selisih 22 detik.

"Saya memberikan segalanya dan untungnya taktik itu berhasil. Rekan satu tim saya pantas mendapat pujian besar karena kami mengendalikan balapan sepanjang hari. Dan tentu saja, saya senang bisa finis pertama," kata Van Aert selepas lomba.

Van Aert pantas senang dengan kemenangannya di Omloop Het Nieuwsblad. Sebab inilah pijakan pertamanya di 2022. Van Aert memasang target sukses di balapan klasik tahun ini. Ia membidik kemenangan di Milan-San Remo, Tour of Flanders, dan Paris-Roubaix.

"Saya masih bisa melakukan yang lebih baik dalam hal intensitas balapan karena Anda membutuhkannya untuk balapan klasik seperti Tour of Flanders dan Paris-Roubaix. Saya ingin mengambil langkah tersebut di Paris-Nice di mana kami akan balapan lagi dengan tim yang kuat," terangnya.

Sementara itu, dalam sebuah wawancara dengan Sporza, Van Aert secara lisan memberikan dukungan untuk Ukraina. "Sungguh gila bahwa perang masih mungkin terjadi hari ini dan begitu dekat. Untuk apa nilainya? Saya ingin menyampaikan dukungan kepada semua orang di Ukraina," ucapnya. (mainsepeda)

Hasil Omloop Het Nieuwsblad 2022 (Top Ten)
1. Wout Van Aert (Belgia), Jumbo-Visma 4 jam 50 menit 46 detik
2. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +22
3. Greg Van Avermaet (Belgia), AG2R Citroen +22
4. Oliver Naesen (Belgia), AG2R Citroen +22
5. Victor Campenaerts (Belgia), Lotto Soudal +22
6. Rasmus Tiller (Norwegia), Uno-X Pro Cycling +22
7. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +22
8. Andrea Pasqualon (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +22
9. Florian Senechal (Prancis), QuickStep Alpha Vinyl +22
10. Jasper Stuyven (Belgia), Trek-Segafredo +22

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray

Foto: Getty Images


COMMENTS