Tom Dumoulin mendapatkan jatah tampil di Giro d'Italia musim ini. Pembalap asal Belanda itu tidak sendirian. Tim Jumbo-Visma menunjuk Dumoulin sebagai leader bersama Tobias Foss. Dumoulin tidak keberatan harus berbagi kursi dengan Foss. Ia yakin dapat berprestasi di salah satu Grand Tour itu.

Setelah sempat cuti selama enam bulan pada musim lalu, Dumoulin akan berkiprah penuh dalam musim terakhir di Jumbo-Visma. Namanya memang tidak tercantum dalam skuad untuk Tour de France 2022. Sebagai gantinya, ia ditunjuk untuk memimpin tim asal Belanda itu di Giro 2022.

Dumoulin akan berkolaborasi dengan Foss. Ia mengaku tidak keberatan dengan skema yang telah disusun tim. Dumoulin justru senang meski harus berbagi kursi dengan Foss. "Ia adalah pembalap yang sangat baik. Saya harap kami berdua bisa mencapai level tinggi," ucapnya dalam laman resmi tim.

Pembalap 31 tahun ini akan mengawali kiprahnya di UAE Tour pada akhir Februari nanti. Kemudian ia tampil di Strade Bianche dan Volta Ciclista a Catalunya sepanjang Maret. Sebelum ambil bagian di Giro 22, Dumoulin akan turun di Amstel Gold Race pada 10 April nanti.

"Sekarang adalah tahun baru dengan Tom Dumoulin yang baru. Saya berada di tempat yang berbeda sekarang. Saya merasa sangat baik. Saya memiliki banyak ambisi," bilangnya.

Dumoulin yang pernah menjuarai Giro 2017, berharap bisa mengulangi prestasi serupa tahun ini. Ia juga ingin namanya selalu berada di papan atas general classification di setiap lomba yang diikuti. "Saya tidak berpikir telah kehilangan sentuhan. Itu adalah sesuatu yang secara alami selalu saya kuasai," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray episode 71

Foto: Twitter Tom Dumoulin


COMMENTS