Operasi Sukses, Egan Bernal Kini Dirawat di ICU


Operasi Egan Bernal pada Selasa (25/1) berjalan sukses. Tim dokter dari Clínica Universidad de la Sabana mengklaim telah berhasil menghindarkan superstar asal Kolombia ini dari kerusakan permanen pada sumsum tulang belakangnya. Bernal akan berada dalam pengawasan ketat dalam 72 jam ke depan, terhitung selepas operasi dilakukan.

Bernal mengalami kecelakaan di Kolombia pada Senin (24/1) pagi waktu setempat. Mengendarai sepeda time trial, Bernal menabrak bus yang sedang berhenti di sebuah halte untuk menurunkan penumpang. Tabrakan itu diyakini sangat keras. Hingga menyebabkan bagian belakang bus penyok.

Bernal langsung dilarikan ke Clínica Universidad de la Sabana untuk dilakukan operasi. Kecelakaan ini membuat pemenang Giro d'Italia 2021 itu hancur lebur. Selain patah tulang belakang, ia mengalami patah tulang paha kanan dan patah tulang tempurung lutut kanan.

Bernal juga mengalami cedera dada. Ia menjalani thoracostomy guna membantu mengalirkan cairan, darah, dan udara karena hemopneumothorax dari trauma di dadanya. "Egan sudah berada di ICU untuk menangani cedera sekunder serta melihat respons tubuhnya terhadap trauma," bunyi rilis resmi tim Ineos Grenadiers.

Tim mapan asal Inggris itu mengucapkan terima kasih kepada staf medis di Clinica Universidad de La Sabana atas semua tindakan kepada Bernal. Juga kepada seluruh rekan pembalap dan masyarakat yang memberikan dukungan penuh untuk Bernal. 

"Semua fokus kami adalah memastikan Egan diberikan perawatan terbaik saat ia memulai perjalanannya menuju pemulihan," tegas Ineos Grenadiers, Selasa malam.

Sementara itu, manajer Bernal, Giuseppe Acquadro sangat yakin juara Tour de France 2019 itu dapat melalui masa sulit ini. Menurutnya, Bernal memiliki mental yang luar biasa. Memang, kecelakaan ini membuat kariernya terhambat. Namun Acquadro yakin Bernal akan termotivasi untuk pulih.

"Egan memiliki mental yang kuat. Ia akan bangkit dari situasi ini. Sebab, ketika sduah fokus ke sebuah tujuan, ia akan bekerja dengan luar biasa. Egan menantikan duel dengan Tadej Pogacar dan Primoc Roglic. Akan tetapi, hal itu tidak akan terjadi untuk sementara waktu," katanya kepada cyclingnews. (mainsepeda)

Foto: ASO


COMMENTS