Tom Dumoulin Siap Bersaing di Grand Tour Musim 2022

Tom Dumoulin (Jumbo-Visma) dipastikan kembali ke arena Grand Tour musim depan. Hanya saja, peraih medali perak di nomor Individual Time Trial (ITT) di Olimpiade Tokyo itu tidak meyebut Grand Tour mana yang dibidik pada 2022 nanti.

Domoulin tidak banyak berlomba pada musim 2021. Masalah kesehatan mental membuatnya hiatus selama enam bulan. Terhitung sejak Januari. Pemenang Giro d'Italia 2017 ini baru balapan lagi di kejuaraan nasional Belanda pada 16 Juni 2021. Ia berhasil menjadi juara nasional nomor ITT.

Total ia hanya tampil di enam lomba. Dua di antaranya di Olimpiade Tokyo di mana ia meraih medali perak di nomor ITT. Dumoulin menutup kiprahnya di Benelux Tour 2021. Pembalap asal Belanda itu menduduki peringkat sembilan di klasemen overall.

"Saya akan bersaing kembali untuk General Classification di Grand Tour pada 2022 nanti," kata Dumoulin dalam wawancara dengan De Telegraaf.

Pembalap 31 tahun ini sudah 13 kali berlomba di Grand Tour. Pencapaian terbaiknya adalah juara Giro 2017. Ia juga pernah menjadi runner-up Tour de France 2018 lalu. Jika melihat kualitasnya, Dumoulin punya kesempatan mendampingi Roglic dan Wout van Aert di Tour de France tahun depan.

"Kami telah banyak membicarakannya di tim dalam beberapa bulan terakhir. Saya pikir bersaing di GC itu sangat istimewa. Itulah tantangan pamungkas, puncak bersepeda," terangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 70

Foto: Jumbo-Visma


COMMENTS