Alex Zanardi Kembali ke Rumah setelah 18 Bulan di Rumah Sakit

Alex Zanardi telah keluar dari rumah sakit, 18 bulan setelah menderita cedera kepala parah dalam kecelakaan dengan truk saat berkompetisi dalam lomba estafet Obiettivo Tricolore. Mantan pembalap Formula 1, juara Indy Car, sekaligus juara dunia paracycling tersebut kini sudah berada di rumahnya.

Kecelakaan pada 19 Juni 20202 itu memang fatal. Membuat Zanardi mengalami koma. Bukan hanya satu-dua bulan saja, tapi 18 bulan atau satu setengah tahun. Ia menjalani perawatan intensif di salah satu rumah sakit di Siena, Italia.

Istrinya, Daniela Zanardi baru saja menyampaikan kabar terbaru tentang sang juara dunia. Dalam wawancara dengan BWM, sponsor Zanardi, dia mengungkapkan bahwa suaminya sudah meninggalkan rumah sakit beberapa pekan lalu. Kini pria 55 tahun itu berada di rumah untuk melanjutkan rehabilitasi.

"Kami harus menunggu sangat lama untuk ini dan sangat senang. Jika masih ada perawatan, bisa dilakukan di klinik khusus sebagai tindakan rehabilitasi khusus di lokasi," ucap Daniela.

Zanardi telah mendapatkan kembali indra penglihatan dan pendengarannya sejak setahun lalu. Ia juga mampu merespons secara non-verbal terhadap orang-orang di sekitarnya. Selama masa rehabilitasi itu, Zanardi bekerja dengan dokter, fisioterapis, ahli saraf, dan terapis wicara.

"Pemulihan terus menjadi proses yang panjang. Program rehabilitasi yang dipimpin oleh dokter, fisioterapis, neuropsikolog, dan terapis wicara telah memungkinkan kemajuan yang stabil. Tentu saja, kemunduran ada dan masih bisa terjadi. Tapi Alex membuktikan bahwa ia adalah pejuang sejati," ungkap Daniela.

Berbagai program yang Alex lakukan di rumah sakit dilanjutkan di rumah. Seorang terapis bekerja dengannya dan mereka melakukan latihan fisik, neurologis, dan logopedik. Dalam hal kondisi fisiknya, ada banyak kemajuan. Kini Zanardi menghabiskan sebagian besar hari di kursi roda. Ia hanya beristirahat sebentar di sore hari.

"Anda masih tidak dapat memprediksi bagaimana pemulihannya akan berkembang lebih lanjut. Ini merupakan cara yang panjang dan menantang yang harus dihadapi Alex dengan banyak semangat juang. Semangat itu adalah bantuan besar baginya dan kami bahwa kami menerima begitu banyak dukungan dengan cara ini," tutur Daniela. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 70

Foto: Getty Images


COMMENTS