Jawa Timur (Jatim) digadang sebagai pusat pembinaan olahraga panahan di Indonesia. Hal ini berdasarkan hasil di Pekan Olahraga Nasional (PON), di mana Jatim mendominasi panahan selama empat dekade. Selain panahan, Jatim juga membidik peran sebagai sentra pembinaan balap sepeda.

Pemprov Jatim melakukan inventarisasi cabang olahraga unggulan untuk mendukung program Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). Kebijakan ini telah disahkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 86 Tahun 2021.

Terdapat 14 cabor unggulan yang dipusatkan di sejumlah provinsi. Ke-14 cabang itu adalah badminton, angkat besi, panjat tebing, panahan, menembak, wushu, karate, taekwondo, balap sepeda, atletik, renang, dayung, senam artistik, dan pencak silat.

Jawa Barat (Jabar) sebagai juara dua edisi terakhir PON, digadang mendapat "jatah" terbanyak. Sementara Jatim hampir pasti ditunjuk sebagai pusat pembinaan panahan. Tidak hanya itu, Jatim juga membidik pembinaan balap sepeda. 

"Alhamdulilah. Tuhan mengerti dan pada Kejurnas di Jabar kemarin, balap sepeda Jatim bisa juara umum dengan 25 medali emas," kata Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jumat (19/11).

Kejurnas balap sepeda 2021 berlangsung 23-31 Oktober. Lomba di disiplin MTB dan road dilaksanakan di Garut. Sementara nomor trials, BMX freestyle, dan track digeber di Velodrome Munaip Saleh, Cimahi. Jatim menjadi juara umum dengan perolehan 25 emas, 14 perak, dan 8 perunggu.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan lampu hijau jika Jatim ingin menjadi sentra pembinaan balap sepeda. "Ibu Gubernur sudah menyampaikan panahan. Jadi, sudah pasti nanti pusat pembinaan panahan di Jatim. Nah, selanjutnya kami akan lihat lagi. Tapi jika daerah mau menambah di luar yang ada, silahkan," kata Menpora.

Menurutnya, DBON merupakan pedoman pembinaan olahraga untuk membidik target yang lebih tinggi yaitu Olimpiade dan Paralimpiade. Sementara ajang Asian Games dan SEA Games menjadi sasaran antara. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 65

Foto: PB ISSI


COMMENTS