Sidang Penonton "Allez Opi-Omi" Digelar Hari ini
by - October 14, 2021
Sidang Penonton "Allez Opi-Omi" Digelar Hari ini
by MainSepeda - October 14, 2021

Sidang penonton "Allez Opi-Omi", yang mengakibatkan kecelakaan besar di Etape 1 Tour de France 2021, akan dilangsungkan Kamis (14/10) waktu setempat. Sidang akan dilakukan di Prancis.

Dengan membentangkan karton bertuliskan "Allez Opi-Omi", penonton berjenis kelamin perempuan ini terlalu masuk ke jalan yang dilalui para pembalap. Akibatnya, karton serta lengannya menyenggol Tony Martin dari Jumbo-Visma. Martin jatuh dan mengakibatkan kecelakaan besar di peloton.

Penonton ini sempat melarikan diri. Dia menyerahkan diri pada 30 Juni dan dibebaskan pada 2 Juli. Walaupun Amaury Sport Organisation (ASO) selaku penyelenggara Tour de France telah mencabut tuntutannya, sidang tetap dilanjutkan dan dijadwalkan digelar Kamis ini di Prancis.

Sementara Asosiasi Pembalap Profesional (CPA) tidak mencabut tuntutannya. Mereka hanya menggugatnya dengan nilai 1 euro saja.

"Tugas serikat pekerja adalah untuk membela anggotanya. CPA mengambil kasus ini tidak untuk kompensasi, tetapi untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya menghormati atlet dalam menjalankan profesinya," kata CPA dalam keterangan resminya.

CPA menegaskan bahwa para pembalap harus dihormati. Mereka tidak ingin kecelakaan yang menyebabkan sekitar 50 pengendara jatuh itu, terulang di balapan lainnya. Sebab insiden ini telah mengakibatkan banyak cedera.

Cyril Lemoine, Jasha Sütterlin, dan Ignatas Konovalovas segera dipaksa out karena cedera. Sementara Marc Soler (Movistar) menyelesaikan etape tersebut. Tapi ia mengalami patah lengan dan tidak bisa star di etape selanjutnya.

"Kerugian yang dialami para pebalap adalah fisik, moral, dan ekonomi. Seorang pembalap mempersiapkan diri selama berbulan-bulan untuk Grand Tour. Tidak dapat diterima bahwa semua kerja keras mereka dihancurkan dalam sekejap," tegas Presiden CPA Gianni Bugno.

Bugno menyadari bahwa penonton itu mungkin tidak sengaja atau tidak memiliki niat untuk menyakiti para pembalap. Hanya saja, kecerobohannya itu berakibat sangat fatal. Maka, sebagai pelajaran untuk olahraga ini ke depannya, sidang tetap dilanjutkan. Namun CPA hanya menuntun 1 euro saja,

"Kompensasi yang kami minta tidak bisa membayar biaya operasi patah tulang Marc Soler. Atau konsekuensi yang diderita Tony Martin dan pembalap lainnya. Tetapi angka itu memiliki nilai simbolis," bilangnya. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 60

Foto: Dokumentasi Greenfly CC


COMMENTS