CEO VW: Mobil Ramah Lingkungan Tak Ada Artinya Tanpa Sepeda

Diess (kanan) foto bersama karyawan VW yang datang ke pabrik dengan bersepeda.

Upaya Volkswagen beralih ke teknologi kendaraan ramah lingkungan mulai disinergikan dengan aktivitas bersepeda. Saat ini para karyawan yang tinggal tak jauh dari pabrik telah diarahkan agar berangkat kerja dengan bersepeda (bike to work).

Dalam unggahannya di LinkedIn, CEO VW Herbert Diess mengatakan bersepeda itu menyenangkan, sehat dan baik untuk lingkungan. Menurutnya, kehadiran mobil ramah lingkungan di pusat kota, di masa datang, tak akan berarti jika sepeda tidak diberi ruang yang cukup dalam campuran mobilitas. 

Atas dasar itulah, VW sebagai salah satu perusahaan besar dengan ribuan karyawan, terus mengampanyekan pentingnya bersepeda. Diess menjelaskan, sejak lima tahun lalu dua pegawai di VW -Steffen Knipping dan Torsten Gailus- punya ide mempermudah para karyawan datang ke pabrik dengan bersepeda. Keduanya memulai dulu, dan kini setidaknya diikuti 500 karyawan VW yang melakukan hal serupa tiap hari.

"Semoga pilot project itu bisa segera diperluas agar semua karyawan yang merasa ingin melakukannya bisa langsung bersepeda ke tempat kerjanya," ujar Diess dalam unggahannya.

Diess menyebut kampanye bike to work di lingkungan VW sangat memungkinkan. Sebab, kota Wolfsburg memiliki jaringan jalur sepeda yang sangat baik. Termasuk yang mengarah ke sekitar lokasi pabrik.

Kampanye para pegawai VW itu sejalan dengan permohonan Diess ke pemerintah Jerman agar memasukkan reformasi iklim dalam kebijakan negara. VW sendiri awal tahun ini telah menguraikan visi industrinya yang paling ambisius. Yakni, berhenti memproduksi kendaraan berbahan bakar minyak pada 2035, dan beralih penuh ke kendaraan listrik. Untuk mewujudkan visi itu, tahun depan VW memproduksi pabrik baterai sendiri.(mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 59


COMMENTS