Sebagai pembalap tuan rumah, Wout Van Aert dan Remco Evenepoel tak mau menanggung malu di depan para pendukungnya. Oleh sebab itu, mereka siap habis-habisan demi menjuarai UCI Road World Championships 2021 di Flanders, Belgia.

Kejuaraan ini berlangsung 19-26 September. Ada sebelas nomor yang dilombakan. Van Aert dan Evenepoel akan mengikuti dua balapan. Pertama, mereka tampil di individual time trial (ITT), Minggu (19/9) besok. Lalu keduanya turun di road race pada Minggu (26/9) mendatang.

"Mungkin road race sedikit lebih penting. Sebab saya mempersiapkan diri lebih khusus untuk itu. Sangat penting untuk membuat pilihan sesekali," aku Van Aert dilansir Cyclingnews.

Pembalap tim Jumbo-Visma ini mengaku dalam kondisi yang prima. Oleh sebab itu, ia memutuskan tampil di ITT terlebih dulu. Van Aert cukup bagus di disiplin ini. Ia menduduki posisi kedua pada kejuaraan dunia tahun lalu di Imola, Italia.

"Namun, saya sedikit lebih siap untuk road race di Leuven daripada untuk time trial. Meski demikian, menjadi juara dunia time trial merupakan salan satu target saya," tegas pembalap 27 tahun ini.
Sementara itu, Evenepoel mengakui bahwa balapan di negara sendiri akan selalu istimewa. Itulah sebabnya Kejuaraan Dunia tahun ini menjadi lebih penting. "Jalurnya datar, lurus dan 44 kilometer diterpa angin," katanya saat diminta untuk menjelaskan jalur time trial di Knokke-Heist ke Bruges.

"Anda harus membalap dengan kecepatan yang sangat cepat dari awal hingga akhir. Serta memastikan Anda tidak meledak, agar bisa lebih berakselerasi di akhir. Ini lintasan yang bagus. Secara mental ini akan menjadi time trial yang sulit karena lurus. Jadi Anda tidak bisa mengistirahatkan kaki Anda," terangnya.

Selain lintasan yang sulit, faktor angin menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi anggota tim Deceuninck-QuickStep tersebut "Saya dan Wout sangat termotivasi race hari Minggu," tegas Evenepoel. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 56

Foto: Belga, Getty Images


COMMENTS