Kado Ulang Tahun Sempurna Fabio Jakobsen

Fabio Jakobsen (Deceuninck-QuickStep) memperoleh kemenangan ketiganya di La Vuelta a Espana 2021. Ia finis pertama di Etape 16, Selasa (31/8). Victory ini diraih tepat pada hari jadinya ke-25. Hasil itu membuatnya makin tak terkejar dalam perebutan jersey hijau.

Pekan ketiga Vuelta a Espana 2021 dibuka dengan balapan di rute sepanjang 180 kilometer di Etape 16. Para pembalap start dari Laredo menuju Santa Cruz de Bezana. Selain tanjakan Kategori 3 di Alto de Hijas, ada bebrapa tanjakan pendek lainnya sepanjang rute.
Lomba dibuka dengan aksi breakaway lima pembalap. Di antaranya adalah Stan Dewulf (AG2R-Citroen), Quinn Simmons (Trek-Segafredo), Dimitri Claeys (Qhubeka-NextHash), Mikel Bizkarra (Euskaltel-Euskadi), dan Jetse Bol (Burgos-BH). Harm Vanhoucke (Lotto-Soudal) berhasil menyusul grup ini di sisa 60 kilometer.

Mereka sempat memimpin hingga lebih dari satu menit. Akan tetapi, gap itu mulai menipis di sisa 50 kilometer. Seluruh pembalap di kelompok breakaway akhirnya tertangkap oleh peloton di lima kilometer menuju finis.

Kemudian Jakobsen berakselerasi, kurang dari empat kilometer pemungkas. Pembalap asal Belanda ini ditempel Magnus Cort (EF Education-Nippo) dan Arnaud Demare (Groupama-FDJ). Jakobsen mempertahankan posisinya hingga finis. Ia memenangkan etape ini dengan catatan waktu 4 jam 8 menit 57 detik.
"Ulang tahun selalu menjadi hari yang baik. Jadi saya senang dengan kemenangan ini," kata rider kelahiran 31 Agustus tersebut dilansir Cyclingnews.

Hasil Etape 16 membuat Jakobsen masih akan mengenakan jersey hijau di panggung berikutnya. Ia berada di puncak points classification dengan koleksi 250. Jakobsen unggul sangat jauh dari Matteo Trentin (UAE Team Emirates) yang menghuni peringkat kedua dengan 123 poin.

"Saya pikir apa yang kita lihat hari ini adalah skuad wolfpack. Saya tercecer saat pendakian dan orang-orang menunggu saya. Mereka membawa saya kembali dan saya menang balapan," katanya girang.
Sementara itu, Christian Eiking (Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux) masih berhak atas jersey merah. Rider asal Norwegia itu duduk manis di puncak General Classification (GC). Mengungguli Guillaume Martin (Cofidis) dengan selisih kurang dari sati menit.

Kapasitas Eiking akan diuji di Etape 17, Rabu (1/9). Tahapan ini menyuguhkan rute sepanjang 185,8 kilometer. Setelah menaklukkan tanjakan Kategori 3, yakni Altu de Hortigueru, peloton akan dua kali nanjak di La Collada Llomena. Ini adalah tanjakan sepanjang 7,6 kilometer dengan gradien rata-rata 9,1 persen.

Finisnya di Lagos de Covadonga. Itu adalah tanjakan Hors Categorie (HC) sepanjang 12,5 persen dan gradien rata-rata 7,3 persen. "Saya pikir Lagos De Covadonga akan sangat menentukan di GC. Etape ini akan sangat sulit," akunya. (mainsepeda)

Hasil Etape 16 La Vuelta a Espana 2021 (Top Ten)
1. Fabio Jakobsen (Belanda), Deceuninck-QuickStep 4 jam 8 menit 57 detik
2. Jordi Meeus (Belgia), Bora-Hansgrohe +0
3. Matteo Trentin (Italia), UAE Team Emirates +0
4. Michael Matthews (Australia), Team BikeExchange +0
5. Alberto Dainese (Italia), Team DSM +0
6. Jon Aberasturi (Spanyol), Caja Rural-Seguros RGA +0
7. Rui Oliveira (Portugal), UAE Team Emirates +0
8. Riccardo Minali (Italia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux +0
9. Antonio Jesus Soto (Spanyol), Euskaltel-Euskadi +0
10. Clement Venturini (Prancis), AG2R Citroën +0

General Classification usai 16 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Christian Eiking (Norwegia), Intermarché-Wanty-Gobert Matériaux 64 jam 6 menit 47 detik
2. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +54
3. Primoz Roglic (Slovenia), Jumbo-Visma +1:36
4. Enric Mas (Spanyol), Movistar +2:11
5. Miguel Angel Lopez (Kolombia), Movistar Team +3:04
6. Jack Haig (Australia), Bahrain Victorious +3:35
7. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers +4:21
8. Adam Yates (Inggris), Ineos Grenadiers +4:34
9. Sepp Kuss (Amerika Serikat), Jumbo-Visma +4:59
10. Felix Grossschartner (Austria), Bora-Hansgrohe +5:31

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 53

Foto: Getty Images


COMMENTS