Empat pembalap Indonesia akan tampil di Kejuaraan Dunia BMX di Arnhem-Papendal, Belanda, 17-22 Agustus. Keempat rider tersebut adalah Aditya Fajar Putu Soekarno, M. Al Fauzan, Jasmine Azzahra, dan Amellya Nur Sifa. Mereka akan didampingi oleh Toni Syarifudin dan Ari Kristanto sebagai pelatih.

Aditya dan Fauzan akan tampil di kelas Men Junior. Sedangkan Jasmine dan Sifa turun di Women Junior. Keempat pembalap yang rata-rata masih berusia 18 tahun ini, lolos ke Belanda setelah menempati ranking 20 besar dunia.

Aditya menghuni ranking delapan dan Fauzan di peringkat 15 dunia. Mereka akan bertarung dengan 60 pembalap lainnya di Papendal. Termasuk duo Italia, Leonardo Cantiero dan Matteo Tugnolo yang menghuni ranking satu dan dua.

Sementara Jasmine di peringkat enam di ranking Union Cycliste Internationale (UCI). Sedangkan Sifa di posisi ke-18. Mereka akan melawan 24 peserta lainnya di kelompok Women Junior. Unggulan utama di kelas ini adalah Mariane Beltrando dari Prancis.

Setelah menuntaskan Kejuaraan Dunia BMX, mereka akan mengikuti pemusatan latihan jangka panjang selama tiga tahun di Belanda. Ini merupakan kali pertama PB ISSI membuat homebase di Eropa. Keempat pembalap itu bertolak ke Negeri Kincir Angin hari ini (16/8).

"Selama di Belanda para atlet juga diharapkan bisa menaikkan performa dan skill mereka dengan sistem kepelatihan modern di sana. Sebab, target utama dari prohgram ini adalah supaya bisa lolos ke Olimpiade Paris 2024," bilang Sekjen PB ISSI, Parama Nugroho.

Belanda merupakan salah satu negara terkuat di cabang olahraga balap sepeda. Belanda punya Mathieu van der Poel yang merajai cabang cyclocross. Khusus BMX, Belanda punya Niek Kimmann yang merebut emas di Olimpiade Tokyo. Serta Merel Smulders yang meraih perunggu.

Melalui program stay camp itu, keempatnya akan mendapatkan pengalaman latihan yang berbeda. Juga didukung oleh beragam fasilitas olahraga standar internasional. Tak sekadar berlatih, mereka juga dijadwalkan mengikuti World Cup, European Series, dan C1 Series.

"Saya menitipkan pesan supaya atlet selalu semangat dalam menjalankan seluruh proses latihan sehingga dapat memberikan performa terbaiknya di setiap kompetisi yang diikuti," pesan Ketua Harian PB ISSI, Wahyu Hadiningrat. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 52

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: PB ISSI


COMMENTS