Swiss Sapu Bersih Medali di Women's Cross-country
by - July 27, 2021
Swiss Sapu Bersih Medali di Women's Cross-country
by MainSepeda - July 27, 2021

Tim Swiss berjaya di nomor women's cross-country Olimpiade Tokyo. Mereka menyapu bersih medali di disiplin ini. Swiss membawa Jolanda Neff meraih emas, Sina Frei merebut perak, dan Linda Indergand mendapatkan medali perunggu.

Seperti halnya di kelompok putra, balapan cross-country dilakukan di Izu MTB Course. Total jarak tempuhnya 20,55 kilometer yang terbagi dalam lima lap.
Balapan diikuti total 38 peserta dari 29 negara. Peraih medali emas di Olimpiade Rio 2016, Jenny Rissveds asal Swedia juga berpartisipasi di Tokyo. Pun demikian dengan peraih medali perak Maja Wloszczowska (Polandia) dan peraih perunggu Catharine Pendrel (Kanada). Semuanya turun di Tokyo.

Jolanda Neff langsung tancap gas sejak start. Pembalap 28 tahun ini langsung memimpin di lap pertama. Neff masih terdepan di lap kedua. Sementara rekannya, Sina Frei mulai melesat ke posisi tiga. Saat balapan masuk lap ketiga, Frei naik ke posisi dua dan Linda Indergand maju ke posisi tiga.
Komposisi tiga pembalap Swiss di posisi tiga besar lap bergeming hingga lap kelima. Neff finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 15 menit 46 detik. Sina Frei dan Indergand finis kedua dan ketiga dengan gap lebih dari satu menit.

"Seseorang berkata kepada saya, siapa pun yang memenangkan balapan ini akan menjadi juara yang layak. Sebab Anda harus tahu cara mengendarai sepeda gunung Anda, itu membutuhkan keterampilan. Saya sangat senang bisa menang di trek ini," kata Neff.
Medali emas di Olimpiade Tokyo menabalkan Neff sebagai jagoan di disiplin ini. Sebelumnya, dia menjadi juara dunia cross-country pada 2017. Dia juga meraih medali emas di nomor ini di European Games di Baku, Azerbaijan pada 2015 silam.

"Saya tahu hari ini akan menjadi balapan yang sangat sulit. Kami memiliki satu jam latihan untuk membiasakan diri dengan kondisi baru. Saya pikir itulah yang membuat perbedaan bagi tim Swiss," bilangnya. (mainsepeda)

Hasil Women's cross-country (Top Ten)
1. Jolanda Neff (Swiss) 1 jam 15 menit 46 detik
2. Sin Frei (Swiss) +1:11
3. Linda Indergand (Swiss) +1:19
4. Kata Blanka Vas (Hungaria) +2:09
5. Anne Terpstra (Belanda) +2:35
6. Loana Lecomte (Francis) +2:57
7. Evie Richards (Britania Raya) +3:23
8. Yana Belomoina (Ukraina) +3:54
9. Haley Batten (Amerika Serikat) +4:27
10. Pauline Ferrand-Prévot (Prancis) +4:32

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: UCI Media


COMMENTS