Perayaan HUT Kodam XII/Tanjungpura ke-63
Melibas Rute Ekstrem Sambil Baksos di Sanggau
by - July 26, 2021

Kegiatan bersepeda menjadi salah satu rangkaian perayaan hari jadi Kodam XII/Tanjungpura ke-63. Sekitar 60 cyclist dari Kodam XII/Tanjungpura gowes akhir pekan lalu. Rutenya sangat menarik dan menantang. Mereka gowes di medan offroad di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat (Kalbar).

Kodam XII/Tanjungpura sering gowes bareng yang berbalut kegiatan sosial. Apalagi Pangdam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad memang hobi gowes. Pangdam sering menjelajah sejumlah wilayah di Kalbar dengan bersepeda.

Kali ini Pangdam beserta jajaran Kodam XII/Tanjungpura bersepeda menuju Danau Laet di Sanggau. Sanggau merupakan salah satu kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Danau Laet adalah destinasi wisata favorit di sana.
Berangkat dari simpang Dusun Kedokok, peloton bertolak menuju pit stop pertama di camp PT. SJAL. Mereka juga singgah di Desa Lalang di Kecamatan Tayan Hilir. Pangdam dan jajaran memberikan paket sembako untuk warga di sana.

Setelah itu rombongan melaju lagi menuju pit stop kedua di Danau Laet. Pangdam beserta rombongan beristirahat di danau tadah hujan dengan luas sekitar 800 hektare itu. Sekaligus menikmati keindahan danau yang memiliki lima pulau kecil di tengah-tengahnya tersebut.

Setelah rehat, rombongan melaju kembali ke titik finis di simpang Dusun Kedokok. Kapendam XII Tanjungpura, Letkol Inf Hendra Purwanasari mengatakan, total jarak yang dilalui sekitar 45 kilometer. Rute offroad membuat gowes kali ini lebih ekstrem sekaligus menantang.

Biasanya, Pangdam sering gowes dengan road bike. Akan tetapi, karena Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) masih diberlakukan, membuatnya gowes offroad dengan sepeda gunung (MTB). Mereka menjauh dari keramaian dengan menjajal rute keluar-masuk hutan di Sanggau.

"Dalam rangka ulang tahun Kodam, kami menggelar gowes sekaligus bakti sosial. Panglima ingin bakti sosialnya menyentuh masyarakat di pedalaman. Sekaligus berolahraga di alam dengan udara yang lebih fresh dan lebih bersih," cerita Kapendam kepada Mainsepeda.com, Senin (26/7) pagi.
Mantan Dandim 0705/Magelang ini mengungkapkan, rute yang ekstrem membuat banyak peserta gowes kesulitan untuk melaluinya. Situasi ini tidak berlaku untuk Pangdam. Pangdam dapat melibas medan sulit itu tanpa hambatan yang berarti.

Maklum, Pangdam memang hobi berolahraga. Ia sangat intens bersepeda dan menembak. Pangdam juga ingin tak sekadar berolahraga. Jadi, selain gowes, ia sering menggelar bakti sosial ke pelbagai daerah di Kalimantan Barat.

"Panglima ingin bersepeda ini bukan hanya bermanfaat untuk diri sendiri. Tapi juga untuk masyarakat sekitar," terang Kapendam. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: Pendam XII/Tanjungpura


COMMENTS