Brisbane Tuan Rumah Olimpiade 2032

Komite Olimpiade Internasional (IOC) mengumumkan Brisbane sebagai tuan rumah Olimpiade 2032 pada Rabu (22/7). Brisbane memang menjadi kandidat terkuat. Apalagi setelah IOC mengumumkan pada Februari bahwa Brisbane adalah "mitra pilihannya".

Sejumlah kota di dunia sebenarnya tertarik untuk menyelengarakan Olimpiade 2032. Sebut saja Madrid, Doha, Jakarta, hingga Ahmedabad di India. Hanya saja, Brisbane dirasa paling serius dalam pencalonan ini.

Brisbane akhirnya terpilih dalam voting yang dilakukan di pertemuan IOC di Tokyo, Jepang. Menurut Australian Broadcasting Corporation, dari 80 total pemilik suara, sebanyak 72 delegasi memilih ya, 5 memilih tidak, dan 3 suara lainnya abstain.

"Brisbane 2032 adalah tuan rumah masa depan pertama yang dipilih di bawah dan mendapat manfaat penuh dari pendekatan fleksibel baru untuk memilih tuan rumah Olimpiade," kata Presiden IOC Thomas Bach.

Olimpiade 2032 akan mengikuti Olimpiade Tokyo yang berlangsung tahun ini, lalu Olimpiade 2024 di Paris, dan Olimpiade 2028 di Los Angeles.

Australia telah menjadi tuan rumah dua edisi Olimpiade musim panas. Melbourne adalah kota pertama di Australia yang menjadi tuan rumah Olimpiade 1956. Dilanjut Sydney menjadi tuan rumah Olimpiade 2000. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 51

Foto: Getty Images


COMMENTS