Uphill Finish, Pogacar Kalahkan Vingegaard dan Carapaz

Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) sekali lagi menunjukkan kekuatan luar biasa di tanjakan. Sang juara bertahan memenangkan Etape 17 di Col de Portet, Rabu (14/7). Unggul tipis atas dua pesaing terkuatnya saat ini, Jonas Vingegaard (Jumbo-Visma) dan Richard Carapaz (Ineos Grenadiers).

Tahapan ini menempuh rute dari Muret ke Saint-Lary-Soulan. Rute ini serupa dengan yang dilalui peloton di Tour de France 2018 lalu. Bedanya, musim ini menempuh jarak yang lebih panjang, yakni 178,4 kilometer. Ada dua tanjakan Kategri 1 dan satu tanjakan Hors Categorie (HC) yang harus dilalui pembalap.

Mulanya peloton melalui medan flat sepanjang lebih dari 100 kilometer. Setelah berbagai manuver sejak start, terbentuk enam pembalap breakaway. Dua di antaranya adalah Lukas Postlberger (Bora–Hansgrohe) dan Anthony Perez (Cofidis).

Pukulan telak didapat Jumbo-Visma. Skuad asal Belanda harus melanjutkan race dengan sisa empat pembalap setelah Steven Kruijswijk keluar dari Tour de France 2021 karena sakit selama rest day lalu.

Peloton mulai bereaksi ketika balapan mulai menanjak di Col de Peyresourde, sekitar 50 kilometer menuju finis. Satu per satu jagoan tanjakan mulai unjuk gigi. Setelah menuntaskan Col de Peyresourde, lalu nanjak lagi ke Col de Val Louron-Azet.

Tanjakan pemungkasnya adalah Col du Portet. Ini adalah tanjakan HC sepanjang 16,3 kilometer dengan rata-rata kemiringan 8,7 persen. Carapaz memimpin di 500 terakhir dengan Pogacar dan Vingegaard berada tepat di belakangnya.

Pogacar melakukan uphill sprint di 100 meter menuju finis. Upayanya berhasil. Ia menjadi pemenang Etape 17. Ia menyelesaikan tahapan ini dengan catatan waktu 5 jam 3 menit 31 detik. Vingegaard dan Carapaz di posisi dua dan tiga dengan gap tiga dan empat detik.

"Ini adalah etape paling berat di Tour de France. Saya mendedikasikan kemenangan ini untuk seluruh anggota tim yang telah bekerja keras untuk saya di sini," aku Pogacar seusai lomba.

Pembalap 22 tahun ini mengaku sudah mencoba untuk menyerang sendirian sejak delapan kilometer terakhir. Tapi upayanya selalu digagalkan Vingegaard dan Carapaz.

"Mereka benar-benar mendorong saya dan membuat saya bekerja keras untuk mendapatkan kemenangan ini. Dengan Vingegaard kami mengerti bahwa Carapaz akan mencoba mengejutkan kami. Jadi saya berhati-hati. Kemudian saya meluncurkan uphill sprint di 50 meter terakhir," jabarnya.

Kemenangan di Etape 17 makin menegaskan dominasi Pogacar di General Classification (GC). Ia masih duduk di puncak dan berhak atas jersey kuning. Sementara Vingegaard dan Carapaz naik ke peringkat dua dan tiga, menggusur Rigoberto Uran (EF Education-Nippo) ke posisi keempat.

Selanjutnya, peloton akan nanjak lagi di Etape 18, Kamis (15/7). Balapan berlangsung dari Pau menuju Luz Ardiden. Panjang rutenya 129,7 kilometer. Kali ini ada dua tanjakan HC yang harus ditaklukkan. Yakni di Col du Tourmalet dan Luz Ardiden. (mainsepeda)

Hasil Etape 17 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 5 jam 3 menit 31 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +3
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +4
4. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +1:19
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +1:26
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +1:40
7. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +1:44
8. Sergio Higuita (Kolombia), EF Education-Nippo +1:49
9. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +1:49
10. Dylan Teuns (Belgia), Bahrain Victorious +1:49

General Classification usai 17 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 71 jam 26 menit 27 detik
2. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:39
3. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:43
4. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +7:17
5. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +7:34
6. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +8:06
7. Enric Mas Nicolau (Spanyol), Movistar +9:48
8. Alexey Lutsenko (Kazakstan), Astana-Premier Tech +10:04
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +11:51
10. Pello Bilbao (Spanyol), Bahrain Victorious +12:53

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 50

Foto: ASO, Bettini Photo, Getty Images


COMMENTS