O'Connor Menang dan Menempel Pogacar di GC

Ben O'Connor (AG2R Citroën) mendapatkan kemenangan terbesar sepanjang kariernya. Pembalap asal Australia ini finis pertama di Etape 9 Tour de France 2021, Minggu (4/7). Sementara Tadej Pogacar (UAE Team Emirates) masih bertengger di puncak General Classification (GC) dan berhak atas jersey kuning.

Musim ini adalah tahun pertama O'Connor berseragam AG2R Citroën. Pembalap 25 tahun ini menyepakati kontrak jangka panjang hingga 2024. Ia sudah tampil di delapan balapan sepanjang 2021. Tapi belum ada satu pun kemenangan pun yang berhasil diraihnya.

Padahal, semasa masih memperkuat tim NTT Pro Cycling (sekarang Qhubeka NextHash), O'Connor meraih dua kemenangan selama 2020. Salah satunya di Etape 17 Giro d'Italia tahun lalu.

Kesabaran O'Connor berbuah manis. Ia memenangkan Etape 9 Tour de France 2021. Dalam wawancara selepas lomba, Ia mempersembahkan kemenangan ini kepada semua orang yang selama ini mempercayai kemampuannya.

"Sungguh menakjubkan. Inilah kemenangan yang Anda impikan. Sangat memuaskan. Saya merasakan begitu banyak kegembiraan," ungkapnya.

Etape 9 merupakan yang terakhir sebelum rest day pertama. Peloton bertolak dari Cluses menuju Tignes. Total jaraknya 144,9 kilmeter. Ada lima tanjakan yang dilaluis. Salah satunya Col du Pré yang termasuk Hors Categorie (HC). Panjangnya 12,5 kilometer dengan gradien rata-rata 7,9 persen.

Finisnya di Montée de Tignes juga membuat pembalap menanjak sejauh 20,8 kilometer dengan gradien rata-rata 5,6 persen. Superstar Primoz Roglic (Jumbo-Visma) dan Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) memutuskan tidak start di tahapan ini.
Etape 9 berlangsung di bawah hujan deras dari awal sampai akhir. O'Connor menyelesaikannya dengan catatan waktu 4 jam 26 menit 43 detik. Mattia Cattaneo (Deceuninck-QuickStep) dan Sonny Colbrelli (Bahrain Victorious) finis kedua dan ketiga dengan selisih lebih dari lima menit.

"Saya senang karena tim AG2R sangat mempercayai saya. Tentu saja seluruh anggota tim kami bahagia dengan kemenangan ini," aku O'Connor.
Kemenangannya di Etape 9 langsung membuatnya melejit. Ia naik 14 tingkat menuju posisi kedua di GC. Ia menempel Pogacar dengan selisih dua menit. Pembalap 22 tahun itu finis keenam di Etape 9. Selisih enam menit dari O'Connor.

"Cuaca hari ini sangat buruk. Jauh lebih buruk dari kemarin. Sangat dingin. Hujan sepanjang hari. Banyak orang menderita hari ini karena cuaca. Saya senang bisa mengatasinya dan memiliki waktu untuk beristirahat," bilang pembalap asal Slovenia ini.

Untuk sementara Pogacar masih nyaman di puncak GC. Ia akan mengenakan jersey kuning ketika start di Etape 10, Selasa (6/7) nanti. Meski demikian, Pogacar mewanti-wanti dirinya sendiri untuk tidak cepat puas.

"Segalanya memang berjalan sesuai yang saya inginkan. Tapi saya lebih khawatir tentang etape sulit yang akan datang. Sebab di situlah saya paling menderita," tutur sang juara bertahan. (mainsepeda)

Hasil Etape 9 Tour de France 2021 (Top Ten)
1. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën 4 jam 26 menit 43 detik
2. Mattia Cattaneo (Italia), Deceuninck-QuickStep +5:07
3. Sonny Colbrelli (Italia), Bahrain Victorious +5:34
4. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +5:36
5. Franck Bonnamour (Prancis), B&B Hotels p/b KTM +6:02
6. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates +6:02
7. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +6:34
8. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +6:34
9. Enric Mas (Spanyol), Movistar +6:34
10. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +6:34

General Classification usai 9 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Tadej Pogacar (Slovenia), UAE Team Emirates 34 jam 11 menit 10 detik
2. Ben O'Connor (Australia), AG2R Citroën +2:01
3. Rigoberto Uran (Kolombia), EF Education-Nippo +5:18
4. Jonas Vingegaard (Denmark), Jumbo-Visma +5:32
5. Richard Carapaz (Ekuador), Ineos Grenadiers +5:33
6. Enric Mas (Spanyol), Movistar +5:47
7. Wilco Kelderman (Belanda), Bora-Hansgrohe +5:58
8. Alexey Lutsenko (Kazakhstan), Astana-Premier Tech +6:12
9. Guillaume Martin (Prancis), Cofidis +7:02
10. David Gaudu (Prancis), Groupama-FDJ +7:22

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images, Bettini Photo


COMMENTS