Van der Poel Tinggalkan Tour de France demi Olimpiade

Mathieu van der Poel (Alpecin-Fenix) tidak start di Etape 9, Minggu (4/7). Rider asal Belanda ini memilih mundur demi mempersiapkan diri menuju Olimpiade Tokyo yang akan dimulai 23 Juli nanti. Ia mengikuti langkah Primoz Roglic (Jumbo-Visma) yang juga memutuskan out hari ini.

Keputusannya untuk mundur dari Tour de France 2021 diumumkan dalam wawancara prabalapan dengan media setempat. "Sayang sekali saya tak akan start hari ini. Saya sudah memutuskannya bersama tim. Sekarang saya akan fokus untuk Olimpiade," ungkapnya.

Musim ini merupakan debutnya di Tour de France. Prestasinya tidak mengecewakan. Van der Poel memenangkan Etape 2. Juara dunia cyclocross tersebut juga menguasai jersey kuning selama enam hari. Rider 26 tahun ini mengaku menjalani sepekan yang luar biasa di Prancis.

"Ini Grand Tour pertama saya. Saya sangat bangga dengan hasilnya. Namun saya punya target lain. Mustahil bagi saya untuk menyelesaikan keseluruhan event ini. Saya akan kembali tahun depan untuk menuntaskannya sampai Paris," bilang Van der Poel.

Rencananya, Van der Poel akan memperkuat Belanda di nomor sepeda gunung (MTB). Ia mengincar medali emas di Tokyo nanti. "Bersama Van der Poel, kami memiliki kandidat peraih medali untuk kategori putra," kata pelatih tim nasional Belanda, Gerben de Knegt. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 48

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: ASO


COMMENTS