Campenaerts Mempertegas Dominasi Qhubeka Assos

Etape 15 Giro d'Italia 2021 berada di genggaman Victor Campenaerts (Qhubeka Assos). Time trialist asal Belgia ini menang sprint melawan pembalap Belanda Oscar Riesebeek (Alpecin–Fenix), Minggu (23/5) malam. Ini adalah kemenangan panggung ketiga bagi tim Qhubeka Assos. Terbanyak di antara peserta Giro lainnya.

Sebelum etape ini dimulai, tim yang terdaftar di Afrika Selatan ini memutuskan menarik sprinter Giacomo Nizzolo. Pemenang Erape 13 itu diistirahatkan guna menatap event berikutnya yang konon adalah Tour de France 2021, akhir Juni nanti.

Ketiadaan Nizzolo ternyata tak menghalangi dominasi Qhubeka Assos di pekan kedua Giro 2021. Setelah Mauro Schmid menang di Etape 11, kemudian Nizzolo berkuasa di Etape 13, kini giliran Campenaerts yang naik podium. Ia mencatat kemenangan perdana dari lima kali keikutsertaan di Giro.

Pembalap 29 tahun ini menyelesaikan Etape 15 dengan catatan waktu 3 jam 25 menit 25 detik. Riesebeek finis kedua di tahapan ini. Sementara posisi ketiga menjadi milik rider asal Jerman Nikias Arndt (Team DSM) dengan selisih tujuh detik.

"Kami membalap sebagai satu kesatuan. Kami memberikan segalanya mulai dari kilometer pertama. Ini hari yang luar biasa. Kami melakukan pekerjaan dengan baik dan saya sangat senang karena bisa menyelesaikannya dengan kemenangan," ucap Campenaerts seusai lomba.

Etape 15 mengambil start di Grado menuju Gorizia. Peloton melalui Gornje Cerovo, sebuah desa di Slovenia yang berbatasan langsung dengan Italia. Total jaraknya 147 kilometer. Insiden besar melibatkan 16 pembalap terjadi tak lama setelah lomba ini dimulai. Membuat momba dihentikan selama 20 menit.

Kecelakaan ini mengakibatkan sejumlah nama harus out dari Giro. Seperti Emanuel Buchmann (Bora-Hansgrohe) yang kini di posisi enam di General Classification (GC). Jos van Emden (Jumbo-Visma), Natael Berhane (Cofidis), dan Ruben Guerreiro (EF Education-Nippo) juga harus out.

Setelah balapan dilanjutkan, sebanyak 15 rider melakukan breakaway di sisa 120 kilometer. Mereka mendominasi lomba dan nyaris tak terkejar. Selain Campenaerts, Riesebeek, dan Arndt, grup ini juga terdapat Bauke Mollema (Trek-Segafredo) serta Max Walscheid, rekan Campenaerts di Qhubeka Assos.

Campenaerts dan Riesebeek melepaskan diri ketika lomba menyisakan 32 kilometer. Berselang sepuluh kilometer, adal Albert Torres yang menyusul kedua pembalap itu. Ketiganya memimpin di sisa 20 kilometer ketika jalanan mulai basah karena diguyur hujan.

Sayang Torres tak kedodoran. Menyisakan Campenaerts dan Riesebeek di 15 kilometer pemungkas. Keduanya terus melaju hingga beradu sprint di Gorizia. "Saya juga berharap kemenangan ini menjadi eksposur yang bagus untuk tim, untuk menjaga tim tetap hidup untuk masa depan," bilang Campenaerts.

Sementara itu, posisi Egan Bernal (Ineos Grenadiers) di puncak GC belum tergoyahkan. Pembalap asal Kolombia itu masih akan mengenakan maglia rosa (pink jersey) di Etape 16, Senin (24/5) malam. Tahapan ini membawa peloton menaklukkan empat tanjakan untuk mencapai garis finis di Cortina d'Ampezzo. (mainsepeda)

Hasil Etape 15 Giro d'Italia 2021 (Top Ten)
1. Victor Campenaerts (Belgia), Qhubeka Assos 3 jam 25 menit 25 detik
2. Oscar Riesebeek (Belanda), Alpecin–Fenix +0
3. Nikias Arndt (Jerman), Team DSM +7
4. Simone Consonni (Italia), Cofidis +7
5. Quinten Hermans (Belgia), Intermarché–Wanty–Gobert Matériaux +7
6. Dario Cataldo (Italia), Movistar Team +7
7. Bauke Mollema (Belanda), Trek–Segafredo +9
8. Albert Torres (Spanyol), Movistar +44
9. Juan Sebastián Molano (Kolombia), UAE Team Emirates +1:02
10. Max Walscheid (Jerman), Team Qhubeka Assos + 1:02

General Classification usai 15 etape dari 21 etape (Top Ten)
1. Egan Bernal (Kolombia), Ineos Grenadiers 62 jam 13 menit 33 detik
2. Simon Yates (Inggris), Team BikeExchange +1:33
3. Damiano Caruso (Italia), Bahrain Victorious +1:51
4. Aleksandr Vlasov (Rusia) Astana-Premier Tech +1:57
5. Hugh Carthy (Inggris), EF Education-Nippo +2:11
6. Giulio Ciccone (Italia), Trek-Segafredo +3:03
7. Remco Evenepoel (Belgia), Deceuninck-QuickStep +3:52
8. Daniel Martinez (Kolombia), Ineos Grenadiers +3:54
9. Romain Bardet (Prancis), Team DSM +4:31
10. Tobias Foss (Norwegia), Jumbo-Visma +5:36

Foto: RCS Sport, AFP


COMMENTS