Pandemi Covid-19 Tunda Start Musim Balap 2021
by - January 29, 2021
Pandemi Covid-19 Tunda Start Musim Balap 2021
by MainSepeda - January 29, 2021

Pekan terakhir Januari ini seharusnya menandai dimulainya musim balap WorldTour 2021. Laiknya tahun-tahun sebelumnya, WorldTour dibuka dengan event Tour Down Under (TDU) di Australia Barat. Namun pandemi Covid-19 yang tak kunjung reda membuat ajang ini dibatalkan.

TDU bukan satu-satunya balapan yang mengalami pembatalan atau penundaan. Cadel Evans Great Ocean Road Race yang seharusnya dilangsungkan 31 Januari, gagal terlaksana karena pandemi. Nasib serupa dialami Vuelta a San Juan. Event pembuka UCI ProSeries ini seharusnya berlangsung di Argentina, 24-31 Januari.

Selain ketiga event di atas, balapan lain yang terpaksa dihapus antara lain Herald Sun Tour, Tour Colombia, Mallorca Challenge, Saudi Tour, dan Tour of Oman. Semuanya dibatalkan karena pandemi. Sedangkan balapan di Portugal Volta ao Algarve dan agenda di Spanyol Volta a AndalucĂ­a Ruta Ciclista del Sol harus ditunda.

Paling baru, penyelenggara Volta a la Comunitat Valenciana mengumumkan bahwa balapan untuk putra dan putri harus ditunda. Event ini dijadwalkan 3-7 Februari, dan race untuk putri berlangsung 7 Fabruari. Pembalap seperti Egan Bernal (Ineos Grenadiers) dan Vincenzo Nibali (Trek-Segafredo) dijadwalkan hadir di acara ini.

Sementara itu, penyelenggara event balapan putri Itzulia Basque Country belum mengumumkan penundaannya dengan jelas seperti Volta a la Comunitat Valenciana. Balapan Itzulia Women akan berlangsung pada 14-16 Mei mendatang.

Dengan serangkaian pembatalan dan penundaan itu, balapan WorldTour akan dibuka dari UAE Tour pada 21-27 Februari. Kemudian agenda UCI ProSeries mungkin dimulai dari Tour de la Provence pada 11-14 Februari. Sedangkan UCI Women's World Tour start dari Strade Bianche pada 6 Maret. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 29

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Tour Down Under


COMMENTS