4 Event BMX Digelar di Banyuwangi Tahun Depan
by - November 14, 2020
4 Event BMX Digelar di Banyuwangi Tahun Depan
by MainSepeda - November 14, 2020

Setelah dibatalkan karena pandemi Covid-19 tahun ini, Banyuwangi akan menggeber balapan BMX pada 2021 nanti. PB ISSI berencana menggelar empat event BMX sekaligus di kabupaten di ujung timur Pulau Jawa itu. Salah satunya adalah Banyuwangi International BMX.

Rencana ini disampaikan langsung oleh Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari saat bertemu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Jumat (13/11). Okto, sapaan akrabnya mengungkapkan, keempat kejuaraan BMX itu akan dilangsungkan April 2021.

Yakni satu balapan kategori National Championship (NC), dua race kategori C1, dan satu balapan level Hors Class (HC). NC adalah event sekelas kejuaraan nasional (kejurnas). Sementara C1 adalah kejuaraan yang satu dingkat di atasnya.

Kemudian HC adalah balapan level lima dalam tataran UCI. Maksimal enam balapan dapat didaftarkan di masing-masing benua di setiap musimnya. Poin maksimal di kategori HC adalah 90. Sedangkan di level C1 dan CN, poin maksimal yang didapat pembalap adalah 60.

"Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada atlet-atlet Indonesia untuk mengejar poin menuju Olimpiade Tokyo. Daripada kami kirim ke luar, lebih baik kami bikin kejuaraan sendiri di Indonesia," jelas Okto.

Raja Sapta Oktohari saat bertemu Bupati Abdullah Azwar Anas

Meski akan dilangsungkan pada kuartal pertama 2021, Okto yakin ajang ini akan diikuti banyak atlet luar negeri. Sebab mereka memiliki tujuan yang sama, yakni mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya untuk meraih tiket ke Olimpiade.

"Kita akan menggabungkan empat event sekaligus, mulai dari Hors Class, National Championship, hingga C1 race sebanyak dua kali. Semuanya rencananya akan kami gelar di sini, di Srkuit Muncar," jelasnya.

Meski mengklaim akan menggelar empat event di Banyuwangi, tapi keempatnya belum terdaftar di laman resmi Union Cycliste Internationale UCI). Hingga kini cuma ada satu event di Indonesia yang sudah tercantum, yakni Indonesia National Championship di Jakarta pada 3-4 Juli 2021.

Sementara itu, Bupati Abdullah Azwar Anas menyambut baik rencana kegiatan PB ISSI tersebut. Bagi Anas, ini adalah kebanggaan bagi Banyuwangi bisa menjadi bagian dari kepentingan negara. "Kami akan mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kegiatan nanti berjalan dengan baik dan lancar," katanya. (mainsepeda)

Balapan Lagi! Azrul Ananda-Johnny Ray Komentari Lucky Archipelago Hero Race

Foto: Humas Pemkab Banyuwangi


COMMENTS