Giro 2021 Tanpa Grande Partenza di Luar Italia
by - October 27, 2020
Giro 2021 Tanpa Grande Partenza di Luar Italia
by MainSepeda - October 27, 2020

Giro d'Italia 2020 baru tuntas Minggu (25/10) kemarin. Kini RCS Sport sebagai penyelenggara mulai memikirkan format Giro tahun depan. Race Director Giro d'Italia Mauro Vegni mengatakan, balapan pada 2021 nanti sangat mungkin digelar di sekitar Italia saja.

Giro tahun ini sedianya dimulai dari Budapest di Hungaria. Namun pandemi Covid-19 membuat jadwal balapan mundur dari Mei menjadi Oktober. Bukan hanya itu saja, balapan juga batal dimulai dari Budapest. Sebagai gantinya Grande Partenza bergeser ke Sisilia, yang sedianya akan menjadi tuan rumah start pada 2021.

Setelah menyelesaikan lomba tahun ini Vegni menungkapkan bahwa pihaknya telah merancang rute balapan untuk 2021 mendatang. Rencananya, Giro akan digelar kembali pada awal tahun, yakni 8-30 Mei 2021. Sayangnya, Giro tidak mungkin digelar di luar Italia, termasuk di Hungaria.

"Saya tidak berpikir pandemi ini akan teratasi tahun depan. Untuk alasan itulah kami sedang berupaya menggelar 21 etape di Italia," kata Vegni dalam wawancara dengan RAI. Ia menambahkan, pihaknya belum menetapkan tanggal untuk presentasi rute Giro d'Italia 2021.

Vegni menjelaskan, memulai Giro di luar Italia adalah opsi yang sangat ingin diwujudkan. Akan tetapi, pandemi inilah yang membuat hal itu sulit diwujudkan. "Jika kita masih memiliki masalah penting dengan Covid-19 ini, maka Grande Partenza di luar negeri akan terlalu rumit," terangnya.

Giro tahun ini sendiri berlangsung dengan sejumlah problem. Etape 20 seharusnya melewati tanjakan kondang Colle dell Agnello, lalu masuk ke kawasan Prancis dan menanjak Col d'Izoard. Rencana ini batal karena angga Covid-19 di Prancis yang meninggi.

Bukan hanya itu saja, Mitchelton-Scott dan Jumbo-Visma memutuskan mundur karena pembalapnya positif Covid-19. Total ada lebih dari sepuluh kasus positif Covid-19 di Giro tahun ini. Selain pembalap, para staf dari sejumlah tim juga terpapar virus ini juga .

"Ada beberapa kekhawatiran, tapi tekad untuk pergi ke Milan selalu ada. Kami hanya akan berhenti jika otoritas kesehatan di Italia meminta kami untuk melakukannya," tegas Vegni. (mainsepeda)

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 19

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Getty Images


COMMENTS