Menang Sprint, Philipsen Rebut Etape Pembuka

Etape pertama BinckBank Tour 2020 menjadi milik pembalap tuan rumah Jasper Philipsen (UAE-Team Emirates). Philipsen naik podium utama setelah mengalahkan mantan juara dunia Mads Pedersen (Trek-Segafredo) dan Pascal Ackermann (Bora-Hansgrohe) dalam adu sprint Selasa (29/9) malam.

BinckBank Tour 2020 adalah agenda WorldTour yang melintasi dua negara, Belanda dan Belgia. Etape pertama berlangsung dari Blankenberge menuju Ardooie. Panjangnya 132.1 kilometer. Rutenya benar-benar flat dari start sampai finis.

Profil rute etape 1 BinckBank Tour 2020

Balapan dibuka dengan aksi breakaway dua pembalap Belgia, Thimo Willems (Sport Vlaanderen-Baloise) dan Ludovic Robeet (Bingoal-Wallonie Bruxelles). Mereka memimpin sejak 30 kilometer setelah start. Mereka baru tertangkap oleh Sep Vanmarcke (EF Pro Cycling) di 21 kilometer menjelang finis.

Setelah itu Amund Grondahl Jansen (Jumbo-Visma) dan Adrien Petit (Total Direct Énergie) coba melakukan manuver di 16 kilometer akhir. Namun aksi mereka hanya bertahan enam kilometer setelah ditangkap sekelompok pembalap dari Bora-Hansgrohe, Israel Start-Up Nation, dan EF Pro Cycling.

Kecelakaan terjadi di empat kilometer menjelang finis

Kecelakaan masif terjadi setelah Guillaume Boivin (Israel Start-Up Nation) bersenggolan dengan pembalap Sunweb, sekitar empat kilometer terakhir. Insiden ini membuat lusinan pembalap mencium aspal, serta menghambat laju puluhan pembalap. Peloton pun terpecah.

Bora-Hansgrohe memimpin kelompok terdepan, dengan Deceuninck-QuickStep dan Alpecin-Fenix menguntit di belakangnya. Sprinter andalan Bora-Hansgrohe Pascal Ackermann memulai sprint di kilometer akhir. Mads Pedersen mengejar dari sisi kanan. Sedangkan Jasper Philipsen muncul dari sektor kiri.

Jasper Philipsen (kanan) setelah finis pertama di etape 1 BinckBank Tour 2020

Ketiga sprinter ini beradu cepat di beberapa meter menjelang finis. Philipsen berhasil finis pertama disusul Padersen di posisi kedua. Sedangkan Ackermann yang memulai sprint terlalu dini, harus puas menduduki tempat ketiga.

"Semua orang tahu akan terjadi bunch sprint hari ini. Banyak tim yang tertarik pada hal itu. Pada akhirnya itu cukup sibuk, sementara semua orang masih segar. Saya senang bisa menghindari masalah dan menyelesiakan etape pertama dengan kemenangan," kata Philipsen seusai balapan.

Oliver Naesen (kiri) mengayuh dengan satu kaki karena cedera. Ia dibantu Dries De Bondt (Alpecin-Fenix)

Sementara itu, kecelakaan masif tersebut membuat Stijn Steels (Deceuninck-QuickStep) mengalami cedera pergelangan tangan. Sementara Oliver Naesen (AG2R La Mondiale) melaju ke finis dengan satu kaki karena cedera. Ia dibantu Dries De Bondt (Alpecin-Fenix) di sepanjang jalan. (mainsepeda)

Hasil Etape 1 BinckBank Tour 2020 (Top Ten)
1. Jasper Philipsen (Belgia), UAE-Team Emirates 2 jam 59 menit 26 detik
2. Mads Pedersen (Denmark), Trek-Segafredo +0
3. Pascal Ackermann (Jerman), Bora-Hansgrohe +0
4. Danny van Poppel (Belanda), Circus-Wanty Gobert +0
5. Stefan Bissegger (Swiss), EF Pro Cycling +0
6. Alberto Dainese (Italia), Sunweb +0
7. Nils Eekhoff (Belanda), Sunweb +0
8. Lorrenzo Manzin (Prancis), Total Direct Energie +0
9. Mathieu Van der Poel (Belanda), Alpecin-Fenix +0
10. Tim Merlier (Belgia), Alpecin-Fenix +0

Podcast Main Sepeda Bareng AZA x Johnny Ray Episode 15

Audionya bisa didengarkan di sini

Foto: Bettini Photo, La FlammeRouge


COMMENTS